Belum Setahun, Perfilman Hollywood Raih Rp 92 Triliun

Kamis, 06 Agustus 2015 18:52 Penulis: Rahmi Safitri
Belum Setahun, Perfilman Hollywood Raih Rp 92 Triliun JURASSIC WORLD © Universal Pictures
Kapanlagi.com - Dunia perfilman Hollywood saat ini sedang tersenyum. Pendapatan box office di Amerika Serikat baru saja mencatat penghasilan yang memuaskan setelah krisis di tahun lalu.

Berdasarkan laporan The Hollywood Reporter, dari tanggal 1 Januari sampai 3 Agustus 2015 tercatat Hollywood meraih pendapatan sebesar US$ 6.863 miliar atau sekitar Rp 92,8 triliun. Hasil ini sangatlah wajar mengingat banyak film blockbuster yang merajai box office dunia.

"Lihat saja banyaknya film franchise yang kita punya tahun ini," ujar Paul Dergarabedian, analis box office Amerika. Dia lalu menyebut film-film yang meraih kesuksesan di dunia.

AVENGERS: AGE OF ULTRON salah satu yang terlaris tahun ini © MarvelAVENGERS: AGE OF ULTRON salah satu yang terlaris tahun ini © Marvel

Sampai saat ini film terlaris di 2015 adalah JURASSIC WORLD yang dibintangi Chris Pratt dengan pemasukan US$ 632,2 juta atau sekitar Rp 8,5 triliun yang menempatkannya di belakang AVATAR dan TITANIC dalam daftar film terlaris sepanjang masa.

Film lainnya yang meraih sukses besar di 2015 adalah AVENGERS: AGE OF ULTRON (US$ 456,9 juta atau Rp 6,17 triliun), FAST AND FURIOUS 7 (US$ 351 juta atau sekitar Rp 4,74 triliun), INISDE OUT (US$ 330,4 juta atau sekitar Rp 4,46 triliun) dan MINIONS (US$ 289,6 juta atau Rp 3,91 triliun).

Walau bulan Agustus diyakini tak akan seramai sebelumnya, Paul Dergarabedian yakin kalau 2015 akan jadi tahun kejayaan Hollywood. Bahkan para analis film lain juga yakin kalau tahun ini akan mampu menyalip penghasilan perfilman Amerika di 2013 yang mencapai US$ 10,9 miliar atau Rp 147,38 triliun.

Film besar lain yang penayangannya diyakini akan mengguncang box office adalah karya sutradara Ridley Scott THE MARTIAN, film James Bond SPECTRE, bagian terakhir dari THE HUNGER GAMES, serta animasi Pixar THE GOOD DINOSAUR. Sedangkan film yang disebut-sebut jadi yang paling ditunggu tahun ini STAR WARS: THE FORCE AWAKENS bakal datang Desember nanti.

(the/pit)

Editor:

Rahmi Safitri


REKOMENDASI
TRENDING