FILM INTERNASIONAL

Bikin Bulu Kuduk Berdiri, Berikut Sederet Film Yang Angkat Cerita Tentang Psikopat Cilik!

Selasa, 07 September 2021 21:40 Penulis: Editor KapanLagi.com

Orphan (Credit: imdb.com)

Kapanlagi.com - Di antara genre horror atau thriller, film dengan cerita ‘killer child’ merupakan salah satu yang paling menarik. Siapa sangka seorang anak kecil dengan kepolosan dan tingkah lucu mereka bisa tampil totalitas sebagai pembunuh di depan layar. Meskipun hanya gimik, akting mereka sungguh di luar ekspektasi para penontonnya. Tak pelak, banyak yang merasa sederet anak kecil ini tidak sedang akting melainkan bersikap seperti diri mereka sendiri. Tentunya, melihat akting superb para artis cilik ini akan membawa euforia yang berbeda saat menonton film bergenre horror/thriller. Apalagi bagi kalian yang memang menyukai pertumpahan darah dan atmosfer mencekam dalam film.

Dengan menggaet artis cilik untuk memerankan karakter yang terkesan brutal, pasti ada berbagai pertimbangan dan kendala. Biasanya, para kru film akan mengiming-imingi aktor cilik dengan berbagai hadiah yang mereka sukai untuk mendapatkan reaksi yang pas dengan cerita. Selain itu, mereka juga biasanya memberitahu para aktor cilik bahwa anjing mereka mati untuk mendapatkan reaksi menangis. Peran mereka yang sebenarnya tidak patut diperankan oleh anak kecil, membawa setidaknya memori buruk setelah mereka dewasa nanti. Sebut saja aktris cilik Oliwia Dabrowska dalam film SCHINDLER’S LIST, di mana Ia menjadi ‘Si Gadis dalam Jubah Merah’. Perannya ini membuatnya trauma dan malu karena harus menyaksikan adegan eksplisit sejenis pembunuhan dan adegan berdarah lain.

Seiring dengan banyaknya permintaan atas peran anak-anak sebagai pembunuh atau karakter menyeramkan lain, seorang sutradara pastinya memiliki andil yang besar. Menampilkan mereka dalam film dewasa bisa membawa dampak buruk bagi kestabilan mental. Oleh karena itu, banyak tim produksi film yang sengaja shoot adegan film secara terpisah agar anak-anak ini tidak secara langsung mengalami atau menyaksikan. Tampaknya, tim editing harus kerja lembur untuk produksi film dengan menggaet aktor atau aktris cilik sebagai bintang utama. Lantas, apa saja sih film dengan konsep ‘killer child’ yang sanggup buat kamu bergidik ngeri sekaligus takjub?

1. Orphan

Nah, pecinta film horror atau thriller rupanya masih senang berdiskusi tentang film ini dalam forum online, khususnya twitter. Bercerita tentang kedua orangtua yang mengadopsi seorang anak kecil berumur 9 tahun setelah anak yang dikandungnya meninggal. Esther merupakan anak Rusia yang telah lama menjadi penghuni panti asuhan lokal. Esther menunjukkan kelakuan kasar di depan Max dan Daniel dengan membunuh merpati yang terluka dan melukai teman sekelasnya. Ia juga dengan keji membunuh Suster Abigail sebagai ketua panti asuhannya karena diduga akan membuka rahasianya. Esther juga mencoba melakukan pembunuhan terhadap kedua anak Kate dan John Coleman, Max dan Daniel. 

ORPHAN sempat menuai polemik di kalangan kelompok adopsi karena menimbulkan ketakutan untuk mengadopsi anak. Kontroversi ini membuat produksi film mengganti dialog Esther di dalam trailers dari:

"It must be difficult to love an adopted child as much as your own," to "I don't think Mommy likes me very much”

Meskipun ada tanggapan kurang baik, ORPHAN berhasil menyabet penghargaan International Feature Length Competition Golden Raven di 2010 Brussels International Fantastic Film Festival. Film ini juga dinominasikan sebagai Choice Summer Movie: Drama di Teen Choice 2009. Masih ingin rasakan kengerian Esther? Jangan khawatir, film ini dikonfirmasi akan merilis sequel dengan judul ORPHAN:  FIRST KILL. Nantikan aksi balas dendam Esther ya!

 

 

2. The Good Son

Dibintangi oleh Macaulay Culkin, THE GOOD SON menceritakan tentang anak lelaki bernama Mark yang ditinggal mati Ibunya dan harus diungsikan ke rumah Paman Wallace dan Bibi Susan. Mark kemudian berkenalan dengan Henry dan berteman dekat. Henry menunjukkan sikap yang abusive di mana Ia terobsesi dengan kematian yang membuat Mark tidak nyaman. Henry mulai menunjukkan gejala psikopat dengan mengajak Mark membuang orang-orangan ke jalan raya yang menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Ia juga berencana membunuh Connie dengan mengajaknya bermain ice skating dan menggiringnya ke permukaan es yang tipis. Connie tenggelam dan berujung dalam koma. 

THE GOOD SON dirilis secara perdana di berbagai dunia pada 24 September 1993. Namun, film ini tampaknya juga memperoleh respon yang kurang baik. Sebut saja Roger Ebert yang melabeli film ini sebagai film yang tak patut ditonton untuk anak-anak memberi rating setengah bintang. Banyak juga yang mengkritisi pemilihan cast Culkin. Culkin memiliki imej yang lucu dan komedik di HOME ALONE. Wah, orang-orang masih belum bisa move on dari imej bintang cilik Culkin ya ternyata.

 

 

3. We Need To Talk About Kevin

Kurang lebih sama dengan film-film yang disebutkan sebelumnya, film thriller ini menggaet aktor cilik sebagai pemeran utama dalam genre berdarah. Bercerita tentang Kevin yang merupakan anak pertama dari pasangan Eva dan Franklin. Eva merupakan Ibu yang kurang penyayang terhadap anaknya, Kevin. Ia sering merasa terbebani dalam merawat Kevin dan pernah membantingnya ke dinding. Hal ini berujung pada patahnya lengan Kevin. Saat Eva membacakan dongeng tentang Robin Hood kepada Kevin, untuk pertama kalinya Ia memberikan afeksi dan ketertarikan. Franklin lantas menghadiahinya busur dan panah. Kevin tumbuh sebagai psikopat dan setidaknya telah membunuh beberapa teman kelasnya dan Ayah juga adiknya, Celia. 

Tayang perdana pada Oktober, 2009, film ini menerima respon yang cukup baik. Tilda Swinton yang berperan sebagai Eva berhasil membawa pulang predikat Best Actress di Austin Film Critics Association. Tak cukup si situ, film ini juga berhasil mengantongi piagam penghargaan sebagai British Film of the Year di London Film Critic’s Circle. 

 

 

 

4. Pet Sematary

Film adaptasi dari novel populer Stephen King dengan judul yang sama, PET SEMATARY bercerita tentang usaha menghidupkan kembali makhluk yang telah mati di kuburan Pet Sematary. Church, kucing keluarga Creed ditemukan mati setelah tertabrak truk. Louis Creed berusaha menghidupkan kembali kucing itu dengan membawanya ke Pet Sematary dan melakukan ritual di sana.

Tak selang beberapa lama, kucing tersebut hidup kembali. Namun, kucing itu berubah menjadi bengis dan melakukan berbagai tindakan yang kasar. Keluarga tersebut juga berkabung atas kematian anaknya, Ellie. Mereka berencana menghidupkan kembali seperti sebelumnya. Ellie hidup dan menyebabkan berbagai pertumpahan darah di keluarga tersebut dan membunuh Ayahnya sendiri.

Film ini berhasil meraup keuntungan Rp 7,6 miliar di Amerika Serikat dan Kanada. Film ini mendapatkan rating rata-rata 5/10. Film ini meskipun diangkat dari novel populer tampaknya tak bisa bangkit dengan visualisasi CGI. 

 

 

 

5. The Cinderella Addiction

Nah, film yang satu ini merupakan new entry nih. Masih membahas tentang psikopat cilik dalam film, THE CINDERELLA ADDICTION bercerita tentang Koharu Fukuura yang bekerja di kota sebagai salah satu tenaga pengajar anak. Dia hidup di lingkup kemiskinan. menariknya nih, suatu hari hidupnya benar-benar jatuh saat kakeknya ambruk dan harus dilarikan ke rumah sakit. ayahnya juga ditangkap polisi karena berkendara sambil mabuk. parahnya, rumahnya terbakar. tak cukup di situ, Ia juga memergoki pacarnya berselingkuh dengan wanita lain. dia kehilangan apapun hanya dalam semalam.

Saat melewati rel kereta api, Ia melihat seorang yang mabuk dan hampir tertabrak kereta dan Ia menyelamatkannya. Orang tersebutlah yang membawa kehidupan Koharu bak Cinderella. sampai Ia bertemu dengan anak Daigo yang merupakan si psikopat cilik, Hikari. Hikari menunjukkan perilaku yang abnormal untuk anak seusianya. 

Meskipun tampak menyeramkan dan membuatmu keringat dingin, sederet film-film ‘Killer Kid’ ini akan melegakan dahaga kalian, terutama para pecinta film horor atau thriller. Selamat menonton ya!

Ditulis oleh Adelia Dewi Masita 

 

 

 

 


REKOMENDASI
TRENDING