FILM INTERNASIONAL

Bosan Baca Buku Cerita Tentang Sejarah? Tenang, Kalian Bisa Nonton Film Berikut Sebagai Gantinya

Minggu, 18 September 2022 08:08 Penulis: Editor KapanLagi.com

Credit foto: Instagram arttheatrelongbeach/Screenshoot

Kapanlagi.com - Artikel ini ditulis oleh Bujur Ita Purnamasari

Membaca buku sejarah terkadang dianggap sangat membosankan bagi banyak orang. Selain itu, membaca buku apalagi yang berlatar belakang sejarah cukup banyak memakan waktu.

Tapi tenang guys, dalam artikel ini disediakan beberapa film-film yang berlatar belakang sejarah dari berbagai negara untuk kalian tonton. Adanya film-film ini menjadi sarana untuk mempermudah kalian mengetahui tentang cerita-cerita sejarah dari berbagai negara. Kalian hanya duduk manis dan menonton film ini.

Inilah beberapa film yang berlatar belakang sejarah yang wajib kalian tonton!

1. Film Kartini (2017)

Film yang satu ini adalah film sejarah yang berasal dari Indonesia yang wajib dan penting untuk kalian tonton. Film Kartini ini dirilis pada tahun 2017 lalu. Film ini dibintangi oleh beberapa aktor ternama Indonesia seperti Reza Rahardian, Dian Sastrowardoyo, Acha Septriasa, Christine Hakim, dan lainnya. 

Film ini menceritakan tentang seorang tokoh pahlawan wanita yang sangat berjasa di Indonesia. Hari kelahiran Kartini jatuh pada tanggal 21 April dan segenap bangsa Indonesia turut merayakan hari tersebut sebagai tanda memperingati dan menghargai jasanya. 

Film Kartini bercerita tentang perjuangan Raden Ajeng Kartini yang memperjuangkan hak-hak perempuan terutama dalam hal pendidikan dan memperjuangkan kesetaraan pada pria dan wanita. 

2. They Shall Not Grow Old

Film yang satu ini sangat direkomendasikan dan wajib untuk kalian tonton nih. Film yang bertajuk They Shall Not Grow Old disutradarai oleh Peter Jackson dan hanya ditayangkan 2 kali, yaitu pada 17 dan 27 Desember 2018 pada kala itu. Film ini disajikan dalam 2D dan RealID 3D.

Film They Shall Not Grow Old merupakan sebuah film dokumenter yang  menceritakan tentang perang dunia I yang sangat menyedihkan dan bagaimana kisah perjuangan para tentara Inggris saat perang tersebut berlangsung. Film dokumenter ini berfokus pada perjuangan para tentara Inggris yang berperang dan mereka adalah sebagai garda terdepan dari perang tersebut untuk melawan musuh dan pasukan. 

3. Andrei Rublev

Film yang bertajuk Andrei Rublev merupakan sebuah film sejarah yang berasal dari Rusia dan sudah bisa ditonton sejak Desember 1966 silam. Film ini disutradarai oleh Andrei Tarkovsky dan diproduseri oleh Tamara Ogorodnivoka. Film ini juga diperankan oleh beberapa aktor terkenal seperti Anatoly Solonitsyn, Ivan Lapikov, Nikolai Grinko, Nikolai Sergeyev, Nikolai Burlyayev, Irma Raush, dan lainnya. 

Film Andrei Rublev menceritakan tentang kehidupan seorang seniman bernama Andrei Rublev yang hidup pada abad ke-15. Bukan hanya seorang seniman, namun Andrei Rublev juga merupakan seorang pendeta yang suka menyisipkan unsur-unsur religi dalam karya-karyanya. 

Secara tidak langsung film ini mengangkat sikap dan cara pandang sejarah kebudayaan dan seni Rusia bagi seorang Andrei Tarkovsky. 

Namun, film ini sempat mendapat penolakan dan dilarang ditayangkan di negaranya sendiri dikarenakan Rusia adalah salah satu negara yang menganut paham sosialis dimana sangat sensitif tentang hal-hal yang berbau agama. 

Meskipun begitu, Film yang berdurasi 3 jam 25 menit ini pernah menduduki posisi ke-40 dalam daftar 100 film bahasa asing terbaik versi BBC. Selain itu, kalian juga wajib nonton film ini.

(kpl/mag)

REKOMENDASI
TRENDING