'CHAPPIE' Kebagian Rating Film 17 Tahun ke Atas, Gimana Bisa?

Kamis, 12 Februari 2015 16:46 Penulis: Fitrah Ardiyanti
'CHAPPIE' Kebagian Rating Film 17 Tahun ke Atas, Gimana Bisa? Chappie/© Columbia Pictures
Kapanlagi.com - Ketika trailer pertama CHAPPIE resmi di rilis, Neill Blomkamp (sang sutradara) banyak mendapat pujian. Filmnya yang mengangkat cerita seorang robot yang belajar menjadi manusia dengan sifat polos layaknya anak kecil ini dipuji karena memberikan angin segar bagi para penggemar film. Neill sebelumnya dikenal akan film-film thrillernya yang rata-rata mendapat rating 17+, seperti ELYSIUM dan DISTRICT 9.

CHAPPIE pun juga baru mendapat rating yang mencengangkan. Yap, 17+. Bagaimana bisa film yang narasinya hampir sama seperti Pinokio dengan sentuhan futuristik ini digolongkan ke dalam film 17+?

Menurut yang dilansir Cinema Blend, malapetaka ini terjadi karena Box Office Mojo merilis jadwal tayang lebih awal serta menulis review berbunyi, violence, language and brief NUDITY. Wah, sayang sekali padahal film ini jauh dari kata nudity. Harapan para orang tua untuk mengajak putra-putrinya menonton film ini di bioskop kandas sudah.

CHAPPIE bercerita tentang keadaan di masa depan di mana para robot-robot polisi yang bisa berpikir dan menganalisa diaktifkan untuk membantu proses penegakan hukum secara lebih objektif di Johannesburg. Pengaktifan ini tentunya mengundang reaksi keras dari para polisi 'manusia'. Namun, salah satu dari mereka, Chappie, sangat berbeda. Ia layaknya anak-anak yang suka nonton kartun dan menggambar.

Chappie/© Columbia PicturesChappie/© Columbia Pictures

Chappie kemudian bersahabat dengan anak-anak di dekat ia tinggal. Sayangnya, keberadaannya meresahkan manusia-manusia yang takut masa depannya akan terancam dengan keberadaan robot-robot pintar ini. Maka di bawah pimpinan Hugh Jackman dan Sigourney Weaver, Chappie diburu habis-habisan.

Dari plot di atas, bagian mana yang menjelaskan tentang nudity? Ataukah hanya karena banyak adegan kekerasan seperti ledakan dan penembakan maka membuat CHAPPIE digolongkan ke dalam film 17+? Atau hanya karena sang sutradara biasa mendapatkan rating 17+ di film-film sebelumnya?

Semoga ada kejelasan lebih lanjut tentang rating yang diterima. Well, jika kamu berusia di atas 17 tahun, maka sempatkan nonton film keren ini pada 6 Maret mendatang.

(cin/tch)


REKOMENDASI
TRENDING