Covid-19 Bisa Dijadikan Inspirasi Baru Genre Film Horor

Rabu, 14 Oktober 2020 15:14 Penulis: Editor KapanLagi.com
Covid-19 Bisa Dijadikan Inspirasi Baru Genre Film Horor Universal Studio via IMDB

Kapanlagi.com - Film bergenre horor bisa dikatakan memiliki sejarah yang cukup panjang dalam perfilman Hollywood. Film horor memang mengalami banyak fase perubahan dimulai dari film bisu pendek Prancis, film tentang zombie, hingga film horor modern seperti GET OUT yang memasukkan unsur rasial ke dalamnya.

Memang budaya film horor banyak memanfaatkan ketakutan-ketakutan yang klasik terhadap penikmatnya. Para pembuat film biasanya banyak memanfaatkan kejadian yang sedang terjadi. Apalagi sejak peristiwa pandemi yang terjadi hampir di seluruh negara, bisa dijadikan sebagai inspirasi yang baru.

Seperti dilansir Time.com, kengerian pandemi yang terjadi di tahun 2020, mulai dari isolasi hingga penularan yang terjadi dimana-mana bisa menjadi sumber inspirasi baru bagi pembuat film di tahun-tahun mendatang. Tinggal menunggu saja bagaimana pembuat film akan menggunakan covid-19 sebagai ide untuk membuat takut penikmat film horor, apakah bisa semenakutkan genre-genre sebelumnya atau tidak.

Bisa diketahui jika selama ini film horor selalu mengaitkan kejadian di masa lalu atau hal yang berhubungan dengan sejarah, sehingga memiliki makna yang lebih dalam dan terkesan masuk akal. Seperti contohnya film NIGHT OF THE LIVING DEAD karya dari sutradara George A. Romero tahun 1968, yang merupakan sebuah film zombie. Dalam film tersebut menunjukkan pandangan yang luas terkait hubungan ras Amerika Serikat atas pergolakan politik dan sosial pada tahun itu. Namun tema rasial tidak begitu disampaikan oleh Romero.

‘Poin kami lebih kepada terpecahnya masyarakat, ketidakmampuan berkomunikasi dan perpecahan di keluarga,’ katanya pada Festival Film Internasional Toronto 2012. Romero mengklaim bahwa film NIGHT OF THE LIVING DEAD tidak disangka akan berdampak bagi para penonton sehingga membuat para pembuat film juga melakukan hal serupa. 

Blumhouse Production via IMDBBlumhouse Production via IMDB

Kinitra Brooks, salah seorang profesor studi sastra di Universitas Michigan spesialis dalam horor menyimpulkan bahwa pembuat film tidak memiliki kendali atas tafsiran maupun kritikan dari penonton. ‘Orang-orang akan memiliki banyak tafsiran di setiap karya’, katanya. Untuk masa sekarang kita juga bisa mengambil contoh dari film GET OUT, film ini juga mengangkat isu rasial yang sedang terjadi. Film yang mengangkat isu rasisme dengan sajian narasi yang cukup kuat. Meskipun minim jump scare, penonton akan dibawa lebih dalam untuk mengikuti teka-teki yang disajikan. Memang tidak ada yang bisa memprediksi bagaimana setiap perubahan dunia film dari masa ke masa tidak peduli genre atau tema yang akan digunakan.

Nah, kita tunggu saja ya seperti apa ide cerita film-film horor di tahun-tahun mendatang.

Penulis: Felecia Krismianto

 

 

 

 

(kpl/mag)


REKOMENDASI
TRENDING