Adu Akting David Oyelowo dan Lupita Nyong'o di ‘QUEEN OF KATWE'

Senin, 12 Januari 2015 09:50 Penulis: Fitrah Ardiyanti
Adu Akting David Oyelowo dan Lupita Nyong'o di ‘QUEEN OF KATWE' Lupita Nyong'o & David Oyelowo / © Kapanlagi.com ®
Kapanlagi.com - Aktor dan aktris, David Oyelowo dan Lupita Nyong’o santer dikabarkan akan beradu akting di film produksi Disney, QUEEN OF KATWE. Film ini akan disutradarai oleh Mira Nair. Seperti yang ditulis Hollywood Reporter, William Wheeler, yang menulis screenplay film karya Nair THE RELUCTANT FUNDAMENTALIST, akan ikut ambil bagian.

QUEEN OF KATWE dibuat berdasarkan artikel di majalah ESPN dan buku karya Tim Crothers berjudul THE QUEEN OF KATWE: A STORY OF LIFE, CHESS, AND ONE EXTRAORDINARY GIRL’S DREAM BECOMING A GRANDMASTER yang terbit tahun 2012. Ceritanya mengangkat kisah perjuangan seorang perempuan muda, Phiona Mutesi, dari daerah kumuh Uganda yang menjadi legenda catur dengan bantuan pelatihnya, Robert Katende.

Sebelumnya, sebuah film dokumenter yang mengangkat potret kehidupan Robert Katende telah ditayangkan pertengahan Desember lalu. Masih diderek oleh Mira Nair, film yang berjudul A FORK, A SPOON, AND A KNIGHT ini sengaja dirilis untuk memperingati satu tahun wafatnya Nelson Mandela. Mira percaya bahwa film dokumenternya ini akan menginspirasi generasi muda di seluruh dunia seperti quote Mandela yang terkenal, “Difficulties break some men, but make others. (Rintangan mematahkan semangat manusia, sekaligus menghasilkan jiwa yang baru)”

The real Robert Katende & Phiona Mutesi / © queenofkatwe.comThe real Robert Katende & Phiona Mutesi / © queenofkatwe.com

Berbeda dengan QUEEN OF KATWE, film pendek ini lebih menonjolkan sisi kehidupan seorang Robert Katende. Bagaimana ia menghadapi banyak tantangan mulai dari menyelesaikan sekolah, menjadi seorang guru, seorang suami dan ayah, salah satu anggota Sports Outreach, hingga menjadikan daerah kumuh Katwe, di Kampala, Uganda, sebagai tempat main catur yang terkenal di seluruh dunia dan sekaligus menjadi tempat penyembuhan anak terlantar. keberanian, ketabahan, dan keyakinan Robert mengilustrasikan quote Mandela dengan indah.

Kabar yang berhembus, David Oyelowo, yang masuk dalam nominasi Golden Globe 2014 dalam kategori Best Actor (Drama), akan memerankan sang pelatih catur yang mulia itu. Sedangkan, Lupita Nyong’o, yang kita kenal atas perannya sebagai Patsey dalam 12 YEARS A SLAVE, akan berperan sebagai ibu Phiona Mutesi, Hariet Mutesi. Film yang terdengar cukup menjanjikan ini akan diproduseri oleh John Carls dan Lydia Dean Pilcher bersama ESPN Films.

Gimana ya jika aktor dan aktris pintar dan berbakat ini beradu akting? Nantikan saja! 

(ani/tch)


REKOMENDASI
TRENDING