Disney Akuisisi 21st Century Fox Senilai Rp 1.000 Triliun

Rabu, 20 Maret 2019 14:42 Penulis: Dhimas Nugraha
Disney Akuisisi 21st Century Fox Senilai Rp 1.000 Triliun Walt Disney Studios ©KapanLagi.com/imdb

Kapanlagi.com - Proses akuisisi 21st Century Fox oleh Disney sudah mencapai babak akhir. Fox resmi mengakuisisi Disney dengan mahar senilai US$71 miliar. Angka yang setara dengan Rp 1.000 triliun atau Rp 1 kuadriliun.

Angka ini naik dari kesepakatan awal sekitar Rp 711 triliun atau US$ 52,4 miliar di akhir tahun 2017. Tawaran ini meningkat setelah Comcast juga tertarik untuk mengakui 21st Century Fox beberapa waktu lalu.

"Ini adalah momen yang luar biasa dan bersejarah bagi kami," kata CEO Disney Bob Iger dilansir dari variety.com. "Hal ini akan menciptakan nilai jangka panjang yang signifikan bagi perusahaan kami dan pemegang saham kami," Bob mengimbuhkan

Menggabungkan Disney dengan 21st Century Fox adalah keputusan yang benar. Pasalnya dengan menggabungkan konten kreatif dari keduanya, membuatnya Disney semakin kokoh di tangga teratas perusahaan hiburan di dunia.

CEO Disney Studios - Bob Iger foto: ©KapanLagi.com/fortuneCEO Disney Studios - Bob Iger foto: ©KapanLagi.com/fortune

Beberapa aset Fox yang berpindah ke Disney meliputi: Twentieth Century Fox, Fox Searchlight Pictures, Fox 2000 Pictures, Fox Family, dan Fox Animation.

Selain studio, aset Fox yang juga ikut berpindah ke tangan Disney diantaranya Unit kreatif televisi Fox, Twentieth Century Fox Television, FX Productions, dan Fox21; Jaringan FX; National Geographic Partners; Fox Networks Group International; dan sejumlah aset Fox di jaringan streaming Hulu.

Namun, ada resiko besar dalam penggabungan dua perusahaan ini. Karyawan harus bersiap dengan dampak adanya PHK skala besar dari Burbank dan Century City. Jumlah posisi yang kemungkinan akan mengalami pemotongan ada sekitar 4000 ribu kursi.

Bagi para penggemar Marvel ini merupakan kabar gembira. Pasalnya beberapa superhero yang sebelumnya berada di Twentieth Century Fox, kini berada dibawah kendali Disney. Kemungkinan kita juga akan menyaksikan Wolferine dan X-MEN lainnya bergabung dengan Marvel Cinematic Universe.

 

 

 

(kpl/dim)

Editor:

Dhimas Nugraha


REKOMENDASI
TRENDING