Film Biografi Georg Elser, Tukang Kayu Perakit Bom

Jum'at, 11 Juli 2014 09:51 Penulis: Angga S Priyono
Film Biografi Georg Elser, Tukang Kayu Perakit Bom Oliver Hirschbiegel © splashnews
Kapanlagi.com - Setelah sukses menyutradarai DOWNFALL, Oliver Hirschbiegel telah bergabung di film bertema nazi lainnya, GEORG ELSER. Bercerita tentang percobaan pembunuhan terhadap Adolf Hitler. Tampaknya pria kelahiran Hamburg ini belum bosan untuk membuat karya yang berhubungan dengan Jerman pada Perang Dunia II.

Film ini adalah sebuah biografi tentang pejuang pemberontakan yang ingin melakukan pembunuhan berencana kepada sang pemimpin partai nazi pada tahun 1939. Georg Elser adalah seorang tukang kayu pemimpin kelompok tersebut di saat Hitler berkuasa di Jerman. Ia bersama rekan-rekannya merencanakan pengeboman di Bürgerbräukeller.

Selain menjadi seorang tukang kayu Georg Elser juga pernah bekerja di sebuah pabrik jam. Oleh karena itu ia dapat merencanakan pengeboman pada Hitler menggunakan bom waktu. Gagalnya rencana Elser membuatnya ditawan dan disekap pada akhirnya dieksekusi sebelum perang dunia di Eropa berakhir.

Christian Friedel © christianfriedel.deChristian Friedel © christianfriedel.de

Christian Friedel yang bermain dalam film THE WHITE RIBBON memerankan Elser. Katharina Schüttler pemeran Greta dalam serial TV GENERATION WAR berperan sebagai kekasih Elser, Elsa. Dan Burghart Klaussner aktor lainnya dalam THE WHITE RIBBON akan mengambil peran sebagai Arthur Nebe, kepala polisi Reichssicherheitshauptamt.

Lokasi syuting film GEORG ELSER bertempat di Baden-Württemberg, Bavaria, Berlin and South Tyrol. Film GEORG ELSER ini dapat dibilang sebuah proyek keroyokan, stasiun TV Jerman ARD Degeto, BR, WDR, ARTE akan membantu proses produksinya. Begitu pula dengan Delphi Medien, Philipp Film Production dan Broth Film akan turut serta mengerjakan film ini.

Sebelumnya sutradara Oliver Hirschbiegel juga pernah membuat film biografi, berjudul DIANA. Mengajak Naomi Watts sebagai pemeran utama yaitu Diana sendiri, film yang berkisah tentang 2 tahun sebelum kematian mantan putri Inggris itu tidak menuai sukses. Film itu sendiri hanya menghasilkan sekitar US$ 20.000.000, dengan budget US$ 15.000.000.

(kpl/sic)

Editor:

Angga S Priyono


REKOMENDASI
TRENDING