Film Kontroversial 'THE ACT OF KILLING' Dapatkan 2 Nominasi Oscar

Senin, 29 Februari 2016 19:52 Penulis: Ferry Sanjaya
Film Kontroversial 'THE ACT OF KILLING' Dapatkan 2 Nominasi Oscar THE ACT OF KILLING © NPR
Kapanlagi.com - Tak disangka-sangka, Sutradara asal Amerika Joshua Oppenheimer mendapatkan 2 nominasi Oscar. Masing-masing untuk 2 film kontroversial asal Indonesia yang dibuatnya, THE ACT OF KILLING dan THE LOOK OF SILENCE.

Film ini mengambil tema pembantaian PKI di tahun 1965-1966. 1 juta orang dituduh sebagai komunis pada waktu itu, dan mereka harus tewas di tangan pemerintah dan juga militer.

Film pertama THE ACT OF KILLING dirilis pada tahun 2012. Film ini mengundang mantan 'jagal' yang dahulu kala ikut dalam pembantaian orang-orang yang dituduh komunis.

Joshua Oppenheimer © NPRJoshua Oppenheimer © NPR

Film kedua adalah THE LOOK OF SILENCE. Film ini berkisah tentang keluarga tertuduh komunis beserta impact-nya terhadap kehidupan mereka.

Film ini pun menuai banyak kontroversi. Ada yang memuji, bahkan ada yang sangat mengecam keberadaan film ini, sampai membubarkan pemutaran dari film ini.

Joshua pun sampai diancam akan dibunuh karena sudah membuat film tersebut oleh pihak-pihak yang tak diketahui identitasnya. Sejak itu, pria berusia 40 tahun ini tak pernah kembali ke Indonesia dengan alasan keamanan.

(npr/frs)

Editor:

Ferry Sanjaya


REKOMENDASI
TRENDING