FILM INTERNASIONAL

Gak Cuma Sekedar Film Saja, Ternyata 5 Film Animasi Ini Diangkat Dari Cerita Kisah Nyata

Sabtu, 17 September 2022 11:30 Penulis: Editor KapanLagi.com

Credit info: Instagram Disney/Screenshoot

Kapanlagi.com - Artikel ini ditulis oleh Bujur Ita Purnamasari

Film animasi selalu terkesan untuk sekedar hiburan saja karena kebanyakan film animasi selalu identik dengan fantasi dan di luar logika.

Namun, tahukah kalian ada juga film animasi yang diangkat dari kisah nyata. Memang tak bisa dipisahkan dengan unsur fiksi yang ada di dalamnya, namun penambahan unsur fiksi di dalam film animasi tersebut dimaksudkan supaya lebih menarik.

Inilah beberapa film animasi yang diangkat dari cerita kisah nyata dan sampai mendapat banyak pujian bahkan mendapat respons positif dari kritikus film.

1. Balto (1995)

Balto adalah sebuah film yang bergenre petualangan live-action/animasi Amerika pada tahun 1995 yang diproduksi oleh Ambil Entertainment dan didistribusikan oleh Universal Pictures. 

Film ini disutradarai oleh Simon Wells dan diproduseri oleh Steve Hickner. Film ini juga diperankan oleh beberapa rekan artis lainnya seperti Kevin Bacon, Bridget Fonda, Phil Collins, Bob Hoskins, dan lainnya.

Bukan sekedar film, ternyata film animasi yang satu ini diangkat dari sebuah cerita kisah nyata. Film ini bercerita tentang seekor anjing yang bernama Balto membantu menyelamatkan anak-anak yang terinfeksi penyakit difteri pada tahun 1925 silam. 

Anjing yang bernama Balto tersebut turut serta mengentaskan wabah penyakit difteri tersebut yang terjadi di sebuah desa bernama Nome. Dia membawa obat-obatan dengan menarik kereta luncur bersama teman-temannya sejauh 84 kilometer. 

Karena perjuangan dan kebaikan dari anjing tersebut, kisah Balto ini diangkat menjadi sebuah film animasi dan dibuatkan patungnya. Tak hanya itu, kisahnya juga banyak diajarkan di sekolah-sekolah Alaska. 

2. Up (2009)

Film Animasi UP adalah sebuah film yang diproduksi oleh Pixar Animation Studios dan dirilis oleh Walt Disney Pictures pada 29 Mei 2009 di Amerika. Film ini menjadi sebuah film animasi terbaik sepanjang masa dan dapat ditonton oleh semua orang. Film ini disutradarai oleh Pete Docter dan disutradarai oleh Bob Peterson. 

Film ini bersecita tentang seorang kakek tua bernama Fredicksen yang sangat menyayangi rumahnya yang sudah tua dan lama di tengah perkotaan yang megah. Ia tetap mempertahankan rumahnya dan menolak rumahnya digusur karena baginya sudah terlalu banyak kenangan yang terjadi di rumah tersebut yang tidak bisa ia lupakan, apalagi mengingat tentang memori bersama istrinya semasa hidup. 

Tak hanya sebatas film animasi saja, film ini ternyata diangkat dari sebuah cerita kisah nyata yang dialami oleh seorang yang berusia 87 tahun bernama Edith Macefield. Nenek tersebut juga tidak mau menjual rumahnya walaupun dibayar dengan harga yang sangat mahal. Ia tetap mempertahankan rumahnya dan hanya ingin menghabiskan sisa hidupnya di rumah tersebut. 

3. Luca (2021)

Film animasi yang bertajuk Luca merupakan film yang diproduksi oleh Disney-Pixar dan mengambil latar tempat di Italia. Film ini disutradarai oleh Enrico Casarosa, dan sebagai pengisi suaranya yaitu Jacob Tremblay, Jack Dylan Grazer, Emma Berman, Maya Rudolph dan lainnya. 

Film ini bercerita tentang seorang anak laki-laki yang bersahabat dengan seseorang bernama Alberto. Mereka sering bersama, melakukan banyak hal, dan berpetualang. Kehadiran Alberto yang menjadi sahabat Luca membawa dampak yang positif serta mengubah Luca menjadi lebih berani dan membuat hidupnya lebih berwarna. 

Namun, Luca dan Alberto adalah sosok monster yang hidup di bawah permukaan laut dan bisa berubah wujud kapan saja jika terkena air. Keduanya memiliki kemampuan untuk berbaur dan berteman dengan manusia. Mereka berteman dengan seorang teman manusia. Di sinilah rahasia mereka yang adalah seorang monster laut mulai terbongkar.

Walaupun terkesan fantasi dan mungkin tidak masuk akal, namun film animasi yang satu ini merupakan cerita yang diangkat dari kisah nyata. Cerita ini terinspirasi dari kisah hidup sutradara dari film tersebut yaitu Enrico Casarosa. Mengenai monster lautnya tetap fiksi, tapi kisah persahabatannya yang nyata. 

Enrico Casarosa mengabadikan pengalaman masa kecilnya ke dalam karyanya sendiri, yaitu dituangkan dalam bentuk film animasi bertajuk Luca. Ia mengaku bahwa ia dulu adalah orang yang sangat pendiam dan tak berani mencoba hal-hal baru. Namun, ia bertemu dengan sahabatnya dan membuat ia jadi orang yang berani melakukan hal-hal yang baru. 

4. Mulan (1998)

Film animasi yang bertajuk Mulan merupakan sebuah film yang bergenre live action yang diproduksi oleh Disney Plus dan disutradarai oleh Niki Caro. Film animasi ini diperankan oleh sejumlah aktor terkenal seperti Yifei Liu, Li Gong, hingga Donnie Yen. 

Film ini menceritakan tentang pengorbanan seorang anak perempuan yang menggantikan posisi ayahnya yang sedang sakit untuk wajib mengikuti perang. Mulan tetap mengikuti perang dan mengikuti latihan prajurit kerajaan sampai saat perang akan berlangsung walaupun keluarganya dan orang-orang tidak memperbolehkan anak perempuan ikut berperang. Namun, untuk menutupi identitasnya, Mulan menyamar sebagai laki-laki. 

Film animasi ini diangkat dari sebuah kisah nyata yang terinspirasi dari seorang prajurit perempuan legenda yang berasal dari Tiongkok, Hua Mulan. 

5. Hey Arnold The Movie (2002)

Film animasi Hey Arnold The Movie merupakan sebuah film komedi petualangan animasi Amerika Serikat tahun 2002 yang diproduksi oleh Nickelodeon. Film ini disutradarai oleh Tuck Tucker dan ditulis oleh pembuat seri Craig Bartlett dan Steve Viksten. 

Film ini menceritakan tentang seorang anak yang bernama Arnold dan Gerald yang harus berjuang menghentikan penggusuran di tempat mereka. Tak hanya itu, bersama kakek, nenek, dan para sahabatnya Arnold memulai demonstrasi untuk memprotes kebijakan yang akan dilakukan oleh CEO Future Tech Industri (FTI). 

Disebut bahwa Arnold memiliki bentuk kepala yang besar karena ia mengidap penyakit yang disebut Hydrocephalus dan ia juga sering dibully oleh teman-temannya. 

Tidak hanya sekedar film animasi saja, film yang bertajuk Hey Arnold The Movie ini juga ternyata diangkat dari kisah nyata. 

(kpl/mag)

REKOMENDASI
TRENDING