Golden Globe, Piala Pertama Damien Chazelle Sebagai Sutradara

Senin, 09 Januari 2017 12:00 Penulis: Agista Rully
Golden Globe, Piala Pertama Damien Chazelle Sebagai Sutradara © LA Times

Kapanlagi.com - Perhelatan Golden Globe sedang berlangsung. Begitu banyak insan perfilman Hollywood yang berbangga dapat membawa pulang penghargaan bergengsi ini. Namun memenangi Golden Globe bukanlah perkara mudah, masuk nominasi saja sudah membuat para pelaku industri Hollywood cukup bersyukur.

Tingginya standar penilaian para juri Golden Globe membuat ajang ini menjadi salah satu acara penghargaan yang dinantikan oleh para penggemar dan pelaku industri film. Tak jarang pula para pemenang sekaligus nominator Golden Globe turut menghiasi daftar Academy Awards atau Oscar. Namun bagaimana bila seorang sutradara berhasil membawa filmnya memenangi seluruh nominasi sekaligus?

Damien Chazelle adalah salah satu sutradara yang beruntung tersebut. Selain menjadi penulis skenario, Damien juga berperan sebagai sutradara film drama musikal tersebut. Menariknya lagi, film ini berhasil memecahkan rekor sebagai film dengan piala terbanyak Golden Globe!

Damien Chazelle, sutradara sekaligus penulis skenario yang pertama kali mendapatkan piala lewat Golden Globe 2017 © Indie WireDamien Chazelle, sutradara sekaligus penulis skenario yang pertama kali mendapatkan piala lewat Golden Globe 2017 © Indie Wire

Total 7 piala dari 7 nominasi disabet oleh LA LA LAND. Padahal, Golden Globe untuk kategori Sutradara Terbaik dan Penulis Skenario terbaik ini adalah piala pertama yang diraih oleh Damien Chazelle.

Sebelumnya, Damien Chazelle telah menelurkan sebuah film yang juga masuk ke dalam nominasi Oscar tahun 2015, WHIPLASH. Sayang meski memenangi Best Film Editing, Best Sound Mixing, dan Best Supporting Actors, WHIPLASH belum mampu memberikan piala Best Director dan Best Screenplay pada Damien Chazelle.

Sutradara yang juga pernah menulis skenario untuk 10 CLOVERFIELD LANE dan THE LAST EXORCISM PART II berterima kasih pada dua pemeran utama dalam film LA LA LAND yang disutradarainya, Ryan Gosling dan Emma Stone. "Ryan dan Emma, kalian benar-benar membuat mimpiku menjadi nyata setiap hari di lokasi syuting."

(kpl/agt)

Editor:

Agista Rully


REKOMENDASI
TRENDING