Kisah INSIDIOUS Sukses Membuat Penonton Takut, Apa Resep Penulisnya?

Senin, 15 Januari 2018 15:26 Penulis: Mahardi Eka
Kisah INSIDIOUS Sukses Membuat Penonton Takut, Apa Resep Penulisnya? Universal Pictures

Kapanlagi.com - Empat film INSIDIOUS telah diproduksi. Horor yang sukses meraup pendapatan sebanyak 5,028 triliun rupiah dari pemutarannya di banyak negara, termasuk di Indonesia. Mulai dari penampilan setannya yang mengerikan, konsep the further yang menyerupai alam baka, dan juga kisah penuh twist, ketiga film INSIDIOUS memikat penikmat film horor. 

Leigh Whannell sebagai Bapak INSIDIOUS, yang menulis skenario keempat film INSIDIOUS, tidak pernah menyangka bahwa cerita yang ia buat mampu memikat para penggemar film horor. Bagi pria yang juga bermain sebagai Specs dalam filmnya ini, resep menulis cerita horor INSIDIOUS terletak pada rasa takutnya sendiri.

"Aku percaya bahwa jika ceritanya dapat membuatku takut, itu dapat membuat orang lain takut. Kita semua terhubung dalam rasa takut yang hampir sama dalam hidup ini. Kamu juga perlu menggunakan dirimu sendiri sebagai tolok ukur apa yang menakutkan bagi orang lain. Itulah yang biasanya kugunakan sebagai awalan dalam mengerjakannya," ujar Leigh saat kami wawancara di Hong Kong Desember lalu. 

Leigh mengaku tak jarang ia mendapat masukan dari para penggemar lewat media sosial seperti Twitter dan Facebook. Masukan tersebut ia terima dengan senang hati, tapi tidak lantas ia masukkan seluruhnya menjadi pertimbangan dalam menulis cerita. Ia meyakini bahwa dirinya tidak bisa memuaskan penggemar sepenuhnya. 

"Yang menarik, ketika menyutradarai film, menyutradarai film INSIDIOUS 3, aku mengira bahwa beberapa adegannya bakal sangat menakutkan tapi penonton tidak terlalu bereaksi. Sementara adegan lain yang tidak kupikirkan sebelumnya bisa mendatangkan reaksi yang begitu besar," ceritanya.

Bagi Leigh, penonton tidak suka didikte seperti apa mereka harus bereaksi. Mereka adalah bosnya, mereka yang punya kuasa atas filmnya dan membentuk filmnya.

INSIDIOUS: THE LAST KEY mengambil setting waktu di antara CHAPTER 3 dan INSIDIOUS 1. Dalam film keempat ini, Elise dihadapkan pada misteri serta teror hantu di rumah masa kecilnya. Bukan perkara mudah bagi Elise karena ia memiliki kenangan buruk selama ia tinggal di rumah tersebut. Kini, ia harus memberanikan diri untuk menyelesaikan teror di rumah tersebut. Tidak hanya untuk menolong orang lain, tapi juga menyelesaikan urusan masa lalu yang belum selesai.

Untuk keempat kalinya Lin Shaye kembali memerankan tokoh Elise Reinier dalam INSIDIOUS. Skenario filmnya masih tetap ditulis oleh bapak INSIDIOUS, Leigh Whannell. Namun untuk kursi penyutradaraan Universal Pictures mempercayakannya kepada Adam Robitel (co-writer PARANORMAL ACTIVITY: THE GHOST DIMENSION). Filmnya sudah bisa KLovers tonton di bioskop. Pantau terus KapanLagi.com untuk berita-berita terbarunya.

(kpl/dka)

Editor:

Mahardi Eka


REKOMENDASI
TRENDING