Koleksi Foto Asli Bintang Film Klasik Hollywood Dilelang

Selasa, 26 Maret 2013 17:01 Penulis: Mahardi Eka
Koleksi Foto Asli Bintang Film Klasik Hollywood Dilelang dok. istimewa
Kapanlagi.com - Puluhan ribu foto dan negatif film dari koleksi besar foto Hollywood akan dijual selama lelang dua hari di New York bulan depan. Kabar ini diumumkan oleh rumah lelang Guernsey, Senin (25/03).

Koleksi Berita Bintang Film, yang dilakukan juru foto Irving Klaw mulai tahun 1939, mencakup hampir tiga juta poster, negatif film dan foto para bintang.

Mereka yang termasuk di antaranya Marilyn Monroe, James Dean, Rudolph Valentino, Judy Garland, Steve McQueen, Charlie Chaplin, dan Audrey Hepburn.

Kolektor mana yang tak kesengsem dengan keseksian Marylin MonroeKolektor mana yang tak kesengsem dengan keseksian Marylin Monroe

Sekitar 1.900 koleksi foto dan memorabilia film akan dilelang di bawah ketukan palu pada 6-7 April mendatang.

Harga pra-penjualan diperkirakan berkisar antara USD 60 100 untuk beberapa foto, atau sampai mencapai USD 10 ribu untuk sepasang sepatu hak tinggi yang dikenakan oleh model Betty Page, yang dikenal sebagai "Queen of Pin-Ups."

"Ini mungkin salah satu koleksi terbesar di dunia mengenai foto Hollywood," kata Joanne Grant, penata arsip dan pelelang di Guernsey yang memperkirakan benda-benda itu bernilai jutaan dolar.

"Penjualan ini adalah semua tentang (cetakan) hitam-putih karena sebagian besar tentang Hollywood dari era 20-an, 30-an, dan 40-an, meskipun Marilyn Monroe adalah dari tahun 1950-an," kata Grant.

Lelang yang akan digelar di The Galeri Arader itu akan menjadi yang pertama kalinya dalam 75 tahun bahwa arsip lama akan dibuka untuk umum, kata Guernsey.

Koleksinya meliputi tanda tangan Movie Star News dan gambar dari latar belakang film THE WIZARD OF OZ, KING KONG, dan THE GODFATHER serta 600 foto Monroe.

Benda-benda ini dijual oleh Stuart Scheinman, rekan-pemilik Entertainment Collectibles yang berbasis di Las Vegas, yang membeli koleksi itu tahun lalu dari Ira Kramer, keponakan Klaw.

#Baca juga


 

 

(antara/dka)

Editor:

Mahardi Eka


REKOMENDASI
TRENDING