Dihantui, Alasan Sutradara Ini Bikin Film Tentang Pasangan Gay

Rabu, 01 Juli 2015 20:10 Penulis: Rahmi Safitri
Dihantui, Alasan Sutradara Ini Bikin Film Tentang Pasangan Gay Jake Gyllenhaal - Heath Ledger © Focus Features
Kapanlagi.com - Disahkannya pernikahan sejenis di Amerika Serikat membuat dunia tak henti-hentinya membicarakan tentang hal ini. Pencinta film pastinya langsung teringat dengan salah satu film hebat nan kontroversial yang bercerita tentang pasangan gay, BROKEBACK MOUNTAIN.

Rilis tahun 2015, BROKEBACK MOUNTAIN menjadi film tentang romansa antara dua pria yang berhasil menembus pasar mainstream. Film arahan Ang Lee ini meraih pendapatan total US$ 178 juta atau sekitar Rp 2,3 triliun rupiah dan merupakan film tentang percintaan sejenis paling sukses yang pernah diproduksi Hollywood.

Sepuluh tahun telah berlalu. BROKEBACK MOUNTAIN pastinya kembali diingat setelah pernikahan sejenis dilegalkan di Amerika Serikat. Untuk mengenang film ini Variety.com berbagi wawancara dengan sang sutradara Ang Lee tentang BROKEBACK MOUNTAIN yang memberinya Oscar ini.

Brokeback Mountain, salah satu film yang kontroversial tapi laris © Focus FeaturesBrokeback Mountain, salah satu film yang kontroversial tapi laris © Focus Features

Ang Lee memberi tahu alasan kenapa dia akhirnya setuju untuk membuat film yang sama sekali tak akrab dengan kehidupannya. "Aku menangis setelah membaca cerita pendek (tentang BROKEBACK MOUNTAIN) dan tak tahu kenapa aku sangat tersentuh. Bahasanya sangat tak akrab denganku. Sebenarnya semuanya tak ada yang akrab denganku," kata Ang Lee.

"Namun ide misterius tentang romansa di Brokeback Mountain, selalu menghantuiku. Aku merasa terdorong untuk membuat filmnya karena misteri itu," lanjut sutradara yang juga meraih Oscar lewat LIFE OF PI ini.

BROKEBACK MOUNTAIN bukan hanya sukses secara komersial tapi juga meraih banyak penghargaan. Bahkan film yang dibintangi oleh Heath Ledger, Jake Gyllenhaal, Michelle Williams, dan Anne Hathaway ini dianggap kalah secara kontroversial di Academy Awards 2015 untuk kategori Best Picture.

(var/pit)

Editor:

Rahmi Safitri


REKOMENDASI
TRENDING