Wow, Film Ini Menangi Festival Film Perdamaian Internasional!

Kamis, 25 September 2014 12:51 Penulis: Angga S Priyono
Wow, Film Ini Menangi Festival Film Perdamaian Internasional! Poster Film © AGNUS DEI
Kapanlagi.com - Mengambil visi perdamaian lintas budaya, agama, suka, ras, negara, menularkan inspirasi serta persamaan hak melalui film, International Film Festival for Peace, Inspiration and Equality (IFFPIE) menggelar malam penghargaan terhadap film yang dianggap mewakili visi tersebut.

Selain itu perhelatan ketiga yang bekerja sama dengan International Movie Award (IMA) ini memiliki kriteria, semisal suguhan menarik, menghibur, menginspirasi dan diproduksi dengan tehnik mumpuni. Menurut Director IFFPIE Damien Dematra, festival kali ini diselenggarakan pada September, sekaligus untuk merayakan Hari Perdamaian Dunia pada 21 September.

“Masyarakat dapat berkembang baik hanya saat masyarakat merasa damai dan aman. Karena peringatan perdamaian perlu disuarakan terus menerus dan ini tugas tiap anggota masyarakat,” katanya di Planet Hollywood, Jakarta, Rabu (24/9).

Poster Film © AGNUS DEIPoster Film © AGNUS DEI

Dari ratusan film yang masuk dari 60 negara peserta, IFFPIE akhirnya memilih film dari Kosovo berjudul AGNUS DEI sebagai pemenang festival. Film yang disutradarai Agim Sopi itu menceritakan pertikaian antara Serbia dan Albania.

Pada pertikaian tersebut muncul bibit cinta seorang wanita Serbia pada pria Albania yang akhirnya dari melahirkan bayi laki-laki. Perang kedua negara pun memisahkan mereka. Sampai akhirnya bayi laki-laki tersebut dipaksa masuk militer dan ternyata saat perang terjadi anak bapak itu berhadapan.

Selain itu film-film pemenang ajang dapat dinikmati secara gratis di Pusat Kebudayaan Perancis mulai 30 September hingga 8 Oktober 2014.

(kpl/dis/sic)

Editor:

Angga S Priyono


REKOMENDASI
TRENDING