Patung Oscar Teler Karena Kokain, Dunia Hollywood Kena Kritikan!

Senin, 23 Februari 2015 16:52 Penulis: Risang Sudrajad
Patung Oscar Teler Karena Kokain, Dunia Hollywood Kena Kritikan! Hollyeood Best Party @foto: CNN.com
Kapanlagi.com - Satu hal yang selalu diingat dan menjadi ikon dari perhelatan akbar Oscar adalah patung emasnya. Patung tersebut memang menyimbolkan sebuah penghargaan tertinggi bagi insan dunia film.

Namun apa jadinya bila patung tersebut justru tampak tertunduk lesu karena narkoba? Yap, hal itulah yang terlihat di daerah Boulevard Hollywood pada pagelaran Oscar atau Academy Awards ke 87 ini.

Hollywood Best Party Statue @foto: CNN.comHollywood Best Party Statue @foto: CNN.com

Seorang seniman jalanan yang menamakan dirinya Plastic Jesus membuat tiruan dari patung emas itu. Uniknya, ekspresi patung tersebut dibuat seolah sedang menikmati beberapa 'garis' kokain yang telah dipotong.

Dinamakan Hollywood Best Party, patung ini memang bermaksud untuk menyindir para pelaku film Hollywood. Fenomena gelap di balik megahnya tirai box office seperti kasus narkoba ingin disampaikan melalui ekspresi patung nyentrik tersebut.

"Pagelaran Oscar adalah sebuah acara yang megah, event yang mewah, jadi aku ingin mengaitkannya dengan penggunaan kokain di Hollywood," ujar sang master kepada CNN. 

Patung kritikan Plastic Jesus @foto: CNN.comPatung kritikan Plastic Jesus @foto: CNN.com

Sindiran keras ini tentunya bukan yang pertama kali dibuat. Tahun lalu, Plastic Jesus memancing perhatian publik dengan karya patungnya yang dibuat seolah sedang menyuntikkan heroine ke tangannya. Patung itu sendiri terinspirasi dari Philip Seymour Hoffman yang ditemukan tak bernyawa di New York akibat heroin dan kokain.

Di sisi lain, kritikan untuk sisi gelap tersebut diharapkan mampu mengubah citra Hollywood menjadi lebih baik. "Aku berharap, karyaku mampu membantu banyak orang yang memiliki masalah dan yang berpikir bahwa mereka sendirian, dan juga membuat sebuah perbedaan," ungkap Plastic Jesus.

(cnn/abl)

Editor:

Risang Sudrajad


REKOMENDASI
TRENDING