Pemimpin Hindu Ini Marah & Tuding 'X-MEN' Lecehkan Dewa Khrisna

Kamis, 17 Desember 2015 14:52 Penulis: Fitrah Ardiyanti
Pemimpin Hindu Ini Marah & Tuding 'X-MEN' Lecehkan Dewa Khrisna X-MEN: APOCALYPSE/© 20th Century Fox
Kapanlagi.com - Salah satu film superhero yang paling ditunggu tahun depan adalah X-MEN: APOCALYPSE. Film arahan Bryan Singer ini memang bikin nggak sabar karena settingnya yang membelalakkan mata. 

Yap! Berlatar di Mesir pada zaman pemujaan dewa-dewi, X-MEN: APOCALYPSE akan mengisahkan siapa Apocalypse, sang mutan pertama di dunia yang sudah berumur ribuan tahun. Apocalypse yang diperankan oleh aktor Oscar Isaac ini digambarkan punya kulit berwarna biru dan punya kekuatan luar biasa.

Namun, penggambaran ini ternyata menyulut kemarahan seorang pemimpin umat Hindu di Amerika, Rajan Zed. Zed yang menjabat President of Universal Society of Hinduism, menuding film ini telah melecehkan Dewa Khrisna, salah satu dewa tertinggi yang dipuja oleh umat Hindu. 

En Sabah Nur atau Apocalypse (tengah) dituding mirip dengan Dewa Khrisna/©20th Century FoxEn Sabah Nur atau Apocalypse (tengah) dituding mirip dengan Dewa Khrisna/©20th Century Fox

Selain karena kesamaan warna kulit, dalam trailer X-MEN: APOCALYPSE ada statement yang menurutnya menegaskan bahwa Apocalypse itu adalah Khrisna. ".... I have been called many things over many lifetimes—Ra, Krishna, Yahweh (Aku dipanggil dalam beberapa nama di sepanjang hidupku. Ra, Khrisna, Yahweh)," ujar mutan yang kira-kira sudah berusia 5.000 tahun ini.

Atas hal ini, Zed meminta Bryan Singer menghilangkan statement Apocalypse tersebut. Zed menyayangkan sikap para filmmakers Amerika yang kurang berhati-hati dalam memasukkan unsur Hinduism dalam filmnya. Hindu adalah sebuah agama yang sakral dan tidak seharusnya unsur-unsur di dalamnya dipermainkan dalam sebuah media seperti film untuk mendukung kontinuitas cerita.

Dewa Khrisna, yang memang digambarkan berkulit biru, adalah avatar ke-8 dari Dewa Wishnu. Ia termasuk dewa-dewa utama yang dipuja oleh sekitar 3 juta masyarakat Hindu di Amerika Serikat dan di seluruh dunia. Well, kira-kira apa tanggapan Bryan Singer, ya?

(kpl/tch)


REKOMENDASI
TRENDING