Piala Oscar, Academy Awards: Apa Saja yang Perlu Kamu Tahu?

Minggu, 24 Februari 2019 11:52 Penulis: Editor KapanLagi.com
Piala Oscar, Academy Awards: Apa Saja yang Perlu Kamu Tahu? Oscars.go.com

Kapanlagi.com - Bagi kalian para penggemar film, pastinya sudah tidak asing lagi dengan acara penghargaan 'Academy Awards' atau yang biasa dikenal dengan nama 'Oscar'. Tahun Oscar akan mengadakan kembali sebuah penghargaan perfilman yang ke-91. Bagi kalian yang belum tahu mengenai Oscar, kalian bisa mengenal dengan membaca panduan singkat berikut ini.

Apa sih itu Oscar ?

Academy Awards atau yang lebih dikenal dengan nama “The Oscars” merupakan sebuah acara pemberian apresiasi / penghargaan di industri perfilman yang diberikan setiap satu tahun sekali oleh ‘Academy of Motion Picture Arts and Scirence’. Penghargaan ini diberikan untuk mengakui keunggulan dalam sebuah karya di industri film. Penghargaan yang diberikan berupa piala emas yang sering disebut “Piala Oscar”.

Darimana asal nama Oscar ?

Asal nama Oscar sendiri sebenarnya masih diperdebatkan oleh sejumlah orang karena memiliki berbagai versi. Salah satu biografi Bette Davis, seorang presiden Akademi, mengklaim dia menamai Oscar setelah suami pertamanya yang merupakan pemimpin band bernama Harmon Oscar Nelson. Asal lain yang diklaim adalah Margaret Herrick, yang merupakan pustakawan akademi, ketika pertama kali melihat piala penghargaan pada tahun 1931, mengingatkannya pada "Paman Oscar" yang merupakan panggilan untuk sepupunya.

Bagaimana sejarah singkat Oscar ?

Penghargaan ini pertama kali diselenggarakan pada 16 Mei 1929 oleh Douglas Fairbanks di sebuah makan malam pribadi yang ditonton sekitar 270 orang di Hollywood Roosevelt Hotel, Los Angeles, California. Pertama kali disiarkan di radio pada tahun 1930 dan ditanyang di televisi pada tahun 1953. Piala penghargaan yang diberi nama resmi yaitu “Academy Award of Merit” ini awalnya dipahat oleh George Stanley seorang pemahat Amerika yang juga memahat “The Muse Statue” untuk ‘Hollywood Bowl’ dan piala ‘Oscar’ ini didesain oleh Cedric Gibbons. Penghargaan Oscar ini merupakan sebuah acara penghargaan hiburan tertua di dunia yang saat ini telah disiarkan secara live hampir di seluruh negara di dunia.

Kontroversi piala Oscar, apa yang terjadi ?

Patung penghargaan ‘Oscar’ ini merupakan seorang aktor Meksiko Emilio "El Indio" Fernández. Pada awlnya, patung ini berbahan perunggu padat berlapis emas. Namun, dalam beberapa tahun perunggu itu tidak digunakan dan diganti dengan bahan paduan seperti timah yang kemudian dilapisi tembaga, perak nikel, dan akhirnya, emas 24 karat. Yang menyedihkan, piala oscar pernah terbuat dari plester yang dicat karena kekurangan logam selama Perang Dunia II. Hal ini berlangsung selama 3 tahun. Barulah sejak tahun 1950, piala ‘Oscar’ bisa diuangkan. Ketika itu, baik penerima maupun pewarisnya, bisa menjual Oscar ke Academy dengan harga 1 US Dollar atau sekitar 13.000 rupiah.

Di mana bisa menonton Oscar ?

Tahun ini, acara penghargaan Academy Awards ke-91 diselenggarakan pada Minggu (24/2/2019) untuk memberikan apresiasi pada film terbaik yang ditayangkan pada tahun 2018. Acara ini akan diselenggarakan di Dolby Theatre, Los Angeles, California dan akan disiarkan langsung pada stasiun televisi ABC. Hingga saat ini, total terdapat 3.072 patung Oscar telah diberikan kepada film terbaik sejak awal acara ini diselenggarakan.

Acara ‘Oscar’ tahun ini memiliki 24 kategori. Voting untuk pemenang dapat dilakukan pada 12 Februari 2019 yang dilaksanakan hingga satu minggu lamanya. Nominasi penghargaan sendiri telah diumumkan pada 22 Januari 2019 di Samuel Goldwyn Theater, Beverly Hills, California yang dipandu oleh aktor Kumail Nanjiani dan Tracee Ellis Ross.

Penulis: Nisa Arifia

 

 

 

 

 

 

 

 

(kpl/mag)


REKOMENDASI
TRENDING