FILM INTERNASIONAL

16 Rekomendasi Film Kartun Lucu dan Mendidik, Bisa Jadi Tontonan di Akhir Pekan Keluarga

Jum'at, 24 Juni 2022 10:33

Film COCO dan TOY STORY (Credit: imdb.com)

Kapanlagi.com - Kebanyakan orang mengira bahwa rekomendasi film kartun hanya identik dengan dunia anak-anak. Padahal, film dengan bentuk animasi ini justru kerap membawa pesan mendalam. Sudut pandang memang diperlukan saat menontonnya.

Sebagai orang dewasa, kalian juga bisa memberikan daftar ini sebagai rekomendasi film kartun untuk tonton keluarga. Mengisi akhir pekan dengan berkumpul dan menonton film bersama merupakan pilihan yang menyenangkan.

Apalagi, kalian juga punya kesempatan memilihkan film yang mungkin cocok untuk para anggota keluarga. Rekomendasi film kartun ini berisi tontonan yang lucu, mendidik, hingga berisi pesan moral yang mendalam. Kalian bisa membaca sinopsisnya untuk mempertimbangkan kecocokan saat menontonnya.

1. Rekomendasi Film Kartun Lucu

1. ADIT SOPO JARWO: THE MOVIE (2021)

Film ADIT SOPO JARWO: THE MOVIE bercerita tentang kisah yang diadaptasi dari seri populer ADIT & SOPO JARWO. Dalam film ini, Adit diceritakan sedang berlibur ke Yogyakarta bersama orangtuanya dengan naik kereta api. Saat perjalanan, Adit turun dari kereta api karena ingin membelikan biskuit untuK bundanya.

Masalah muncul ketika Adit ketinggalan kereta dan di stasiun seorang diri. Saat itu dia bertemu dengan Sopo, seorang porter di stasiun. Selanjutnya, mereka berdua bertemu dengan Jarwo dan memutuskan untuk pergi ke Yogyakarta. Kisah Adit, Sopo, dan Jarwo ini cocok dijadikan rekomendasi film kartun bagi kalian.

2. MY LITTLE PONY: A NEW GENERATION (2021)

Rekomendasi film kartun selanjutnya adalah MY LITTLE PONY: A NEW GENERATION. Setting film ini berada di masa yang jauh dari era sihir, bahkan Twilight Sparkle sudah dianggap legenda. Ceritanya pun berfokus pada tiga jenis pony, yakni earth pony, pegasi, dan unicorn. Mereka bertiga hidup terpisah dan ketakutan.

Selanjutnya, ada tokoh Sunny Starscout, seekor earth pony yang ingin menyatukan semua jenis pony terpisah itu agar sihir bisa kembali ke dunia. Film yang disutradarai Robert Cullen dan Jose Ucha ini punya karakter kuda lucu yang populer dan disukai oleh berbagai kalangan usia.

3. TOY STORY 4 (2019)

Film TOY STORY punya beberapa seri dan yang terbaru rilis pada tahun 2019 silam. Dengan kualitas yang dimilikinya, TOY STORY harus masuk dalam rekomendasi film kartun yang wajib ditonton. Pada seri ini, Woody dan kawan-kawan (seperangkat mainan) tinggal bersama pemilik baru bernama Bonie.

Seperti kisah di seri sebelumnya, kalian akan dihadapkan dengan berbagai kisah menarik. Tak hanya menghibur, banyak pula pesan moral yang diselipkan.

4. WRECK-IT RALPH

WRECK-IT RALPH menjadi salah satu rekomendasi film kartun lucu yang juga tak boleh kalian lewatkan. WRECK-IT RALPH mempunyai cerita dan karakter yang seru. Film ini bercerita tentang Ralph tokoh antagonis dalam suatu game yang ingin disayangi. Ralph melakukan berbagai cara untuk itu, termasuk dengan mengikuti perlombaan agar keluar sebagai juara.

Sampai suatu ketika, Ralph bertemu dengan karakter game lain yaitu Vanellope seorang gadis cilik yang lucu dan usil. Vanellope mengajarkan bagaimana cara menjadi karakter game yang disayangi. Di balik keceriaannya, Vanellope juga punya kekurangan. Karakternya mengalami glitch. Akhirnya, Ralph juga ingin membantu Vanellope untuk memperbaiki dirinya.

2. Rekomendasi Film Kartun yang Mendidik

5. UPIN & IPIN: KERIS SIAMANG TUNGGAL (2019)

Upin dan Ipin sepertinya bukan lagi karakter yang asing bagi anak Indonesia. Sebelumnya, telah ada beberapa seri yang dirilis. Pada tahun 2019, seri terbaru berjudul UPIN & IPIN: KERIS SIAMANG TUNGGAL dirilis serentak di i Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam. Beberapa bulan kemudian, film tersebut baru dirilis di Indonesia.

Pada seri ini dikisahkan bahwa Upin, Ipin, bersama teman-temannya berusaha melawan Raja Bersiong. Mereka berusaha mengambil kembali tahta kerajaan Inderaloka seperti sedia kala. Padahal, awalnya mereka hanya tersandung kotak Tok Dalang yang ternyata berisi sebuah keris. Keris itulah yang membawa mereka memasuki dunia lain dan bertemu para tokoh dalam cerita Melayu.

6. NUSSA (2021)

Nussa adalah nama salah satu tokoh dalam film ini. Dia merupakan seorang juara bertahan science fair. Tentu, dia ingin memenangkan perlombaan itu lagi dengan roket buatannya. Dalam proses dia dibantu oleh Abba. Namun sayang, eksperimennya tak berhasil.

Setelah itu, teman-teman Nussa mengalihkan perhatiannya ke eksperimen roket Joni yang terlihat lebih canggih. Berbagai problem dan penyelesaian dalam NUSSA cocok untuk dimasukkan dalam daftar rekomendasi film kartun yang mendidik kali ini.

7. TAYO THE LITTLE BUS MOVIE: RESCUE MY FRIEND ACE (2016)

Rekomendasi film kartun selanjutnya adalah TAYO THE LITTLE BUS MOVIE: RESCUE MY FRIEND ACE. Film ini berawal dari seri kartun asal Korea Selatan. Selanjutnya, Ryu Jung oo sang sutradara mengangkat serial tersebut menjadi film yang bercerita tentang petualangan Tayo, si bus kecil berwarna biru di kota besar.

Tayo pun diceritakan punya teman-teman bus lain yang baik dan mau saling membantu. Kawanan bus kecil ini pun kompak dalam satu tujuan, yakni agar bisa menjadi kendaraan hebat.

8. INSIDE OUT

Di daftar rekomendasi film kartun yang mendidik selanjutnya ada INSIDE OUT. Film kartun yang satu ini cukup mencuri perhatian dan sempat menang di ajang penghargaan Oscar. INSIDE OUT mengisahkan tentang Riley yang mengalami beragam emosi yang naik turun setelah pindah rumah.

Menariknya, di film kartun ini setiap perasaan yang dialami Riley digambarkan dalam karakter lucu. Film kartun ini mendidik lewat ceritanya yang penuh pesan. Selain itu, penonton khususnya anak-anak juga akan diajak untuk belajar mengenali beragam emosi.

3. Rekomendasi Film Kartun untuk Akhir Pekan

7. COCO (2017)

Kalian tak perlu ragu memasukkan rekomendasi film kartun yang satu ini ke dalam daftar tonton. Kualitas COCO telah dibuktikan dengan keberhasilannya menyabet dua piala Oscar sebagai film animasi terbaik dan original soundtrack terbaik pada 2018. Film ini berisi kisah anak bernama Miguel yang ceria.

Miguel yang berasa dari keluarga pengrajin sepatu punya cita-cita besar untuk menjadi seorang musisi seperti Ernesto de la Cruz. Untuk mencapai hal itu, Miguel harus menuntaskan satu masalah dengan melakukan petualangan di Negeri Orang Mati. Ending yang seru sekaligus menggigit pun melengkapi kehebatan petualangan Miguel.

8. SPIRITED AWAY (2001)

SPIRITED AWAY memang tak bisa dikatakan sebagai film baru. Namun, kandungan pesan di dalamnya masih relevan hingga kini. Hal itu membuat SPIRITED AWAY cocok dimasukkan dalam rekomendasi film kartun untuk akhir pekan. Film produksi Studio Ghibli ini berisi kisah petualangan dan perjuangan seorang anak kecil bernama Chihiro demi menyelamatkan kedua orangtuanya.

Banyak sekali kejadian misterius yang dia alami. Rintangan dan luka yang dialami Chihiro akan mengundang simpati kalian sebagai penonton.

9. SOUL (2020)

Rekomendasi film kartun yang satu ini cocok kalian tonton di akhir pekan bersama keluarga. SOUL berfokus pada seorang tokoh bernama Joe Gardner. Dia adalah seorang guru musik yang berjuang mengejar mimpi untuk menjadi seorang musisi. Sayangnya, dia mengalami kecelakaan. Begitu sadar, dia justru sudah berada di Great Beyond.

Menyadari hal tersebut, dia lari dan malah berakhir di Great Before, tempat mempersiapkan jiwa-jiwa baru sebelum lahir ke dunia. Lalu, seperti apa kisah selanjutnya? Langsung saja tonton sendiri petualangan Joe dalam film ini!

10. UP (2009)

Jika kalian mencari rekomendasi film kartun drama komedi, UP adalah jawabannya. Film ini berfokus pada kisah hidup duda tua bernama Carl Fredricksen (Ed Asner) dan seorang anak lelaki yang punya tekad kuat bernama Russell (Jordan Nagai). Russell mengikuti Carl untuk mewujudkan misinya dalam mengubah rumah menjadi pesawat darurat dengan bantuan gas helium yang biasanya digunakan untuk mengisi balon. Kisah dalam film ini cocok kalian tonton bersama keluarga di akhir pekan.

4. Rekomendasi Film Kartun Seru

Tak kalah dengan film aksi, beberapa film kartun juga mempunyai cerita yang seru. Bahkan, keseruan menonton film kartun cukup berbeda dengan film kebanyakan. Sebab menonton rekomendasi film kartun seru bisa merasakan beragam sensasi mulai dari keseruan hingga ketegangan. Berikut beberapa rekomendasi film kartun seru.

13. RAYA AND THE LAST DRAGON

RAYA AND THE LAST DRAGON menjadi salah satu film kartun animasi Disney yang cukup dinantikan di Indonesia. Pasalnya, film ini merupakan seri animasi pertama yang mengambil budaya Asia Tenggara sebagai latar cerita. RAYA AND THE LAST DRAGON bercerita tentang petualangan Raya dan seekor naga bernama Sisu.

Mereka berdua berusaha untuk mengembalikan kedamaian di negeri Kumandra. Di perjalanan, Raya juga bertemu dengan banyak teman-teman yang kemudian menjadi rekanan dalam mewujudkan perdamaian. Tak saja tentang perjuangan, film kartun ini juga banyak cerita tentang persahabatan.

14. BIG HERO 6

Rekomendasi film kartun seru selanjutnya ada BIG HERO 6. Sesuai dengan judulnya, film kartun ini bercerita tentang sekumpulan super hero dengan kekuatan unik dan hebat. Cerita para super hero ini bermula ketika seorang pemuda jenius yang bernama Hiro Hamada.

Di usia 14 tahun, Hiro telah berhasil menciptakan sebuah Robot bernama Baymax. Sayangnya, Hiro meninggal dunia akibat sebuah peristiwa. Sang adik kemudian meneruskan pembuatan Baymax. Dia juga mengumpulkan beberapa teman yang kemudian sepakat bersatu menjadi suoer hero menumpas kejahatan.

15. TURNING RED

Rekomendasi film kartun selanjutnya ini masih terbilang baru, yaitu TURNING RED. Film ini bercerita tentang seorang gadis berdarah China ini tinggal di Kanada. Gadis itu bernama Meilin. Meilin mewarisi kutukan leluhur, dimana dirinya bisa berubah menjadi panda merah.

Karena kutukan itu, Meilin punya kehidupan yang aneh dan cukup seru. Meski begitu, Meilin punya teman dan keluarga yang terus mendukungnya. Ya, film ini memuat banyak pesan tentang cinta dan dukungan untuk keluarga dan sahabat.

16. KUNGFU PANDA

Siapa yang tak tahu KUNGFU PANDA? Kartun yang satu ini sudah cukup populer terkenal berkat keseruan dan kelucuannya. Bahkan saking serunya, film kartun dengan tokoh binatang ini telah memiliki 3 season. Cerita di kartun ini berpusat pada Po sosok panda gemuk dan menggemaskan, yang kemudian terpilih menjadi pendekar naga. Po yang semula lugu sering diremehkan. Namun lambat laun berjuang untuk meningkatkan kekuatannya dalam bertarung.

Nah, KLovers, itulah sejumlah rekomendasi film kartun yang lucu dan mendidik, serta cocok kalian jadikan tontonan bersama keluarga saat akhir pekan.


REKOMENDASI
TRENDING