FILM INTERNASIONAL

Spider-Man Hengkang dari MCU, Sony Akui Kecewa Namun Masih Berharap ke Kevin Feige

Rabu, 21 Agustus 2019 13:24 Penulis: Rezka Aulia

© Sony Pictures

Kapanlagi.com - Kabar keluarnya Spider-Man dari Marvel Cinematic Universe menjadi kejutan tak menyenangkan bagi pecinta film. Alasan utama 'perceraian' Disney dan Sony ini sempat simpang siur. Namun kini pihak Sony akhirnya memberi komentar mereka melalui The Hollywood Reporter.

Sony Pictures menyalahkan Disney dalam putusnya kerjasama dua studio besar ini. Namun pihak Sony bakal terus melanjutkan franchise Spider-man tanpa campur tangan Marvel Studios. Lebih lanjut, Sony merasa kecewa Kevin Feige tak lagi akan menggarap film terbaru Spidey, namun secara jujur mengembalikan keputusan ini pada Disney.

"Banyak kabar tentang Spider-Man hari ini telah membuat kesalah pahaman dari diskusi kami tentang keterlibatan Kevin Feige di franchise ini. Kami kecewa namun menghormati keputusan Disney untuk menghentikan keterlibatan (Kevin) sebagai produser utama dalam film Spider-Man mendatang," ujar juru bicara Sony Pictures dilansir dari The Hollywood Reporter.

1. Sony Masih Berharap pada Kevin Feige

Lebih lanjut, dikatakan bahwa Kevin Feige kini telah menggarap cukup banyak projek. Terlebih lagi setelah Disney mengakuisisi beberapa karakter Marvel dari 21st Century Fox.

Keputusan saat ini memang menyatakan Kevin Feige tak lagi menggarap Spider-Man. Namun Sony masih berharap akan ada perubahan kondisi di masa depan.

"Kami paham ada banyak tanggung jawab yang diberikan Disney pada Kevin, termasuk semua karakter baru Marvel. Hal ini membuat Kevin tak mungkin menggarap IP (intelectual property alias karakter) yang bukan milik mereka. Namun kami bersyukur atas bantuan dan arahan yang telah diberikan Kevin, kami akan meneruskan itu" lanjut pernyataan Disney.

2. Duduk Perkara

Statement resmi ini dirilis setelah kabar pecah kongsi Disney dan Sony merebak. Kedua studio besar ini tak bisa sepakat atas pembagian keuntungan mereka. Rasio awal adalah 95:5 dengan Sony mendapat bagian lebih besar dari keuntungan film.

Terkesan tak adil? Tunggu dulu, karena Disney memperoleh 100% keuntungan penjualan merchandise bertema Spider-Man. Namun Disney ingin mengubah kesepakatan menjadi 50:50 dan tentu saja Sony sebagai pemilik IP tak bisa menerima.

Disney dan Marvel juga memiliki perjanjian lain yang cukup unik. Presiden Marvel, Kevin Feige menggarap SPIDER-MAN: HOMECOMING dan SPIDER-MAN: FAR FROM HOME dengan timbal balik Spidey diperbolehkan muncul di CAPTAIN AMERICA: CIVIL WAR dan dua film AVENGERS.

Kesuksesan film-film tersebut membuat kedua belah pihak melakukan negosiasi ulang.  Namun sayangnya kesepakatan tak tercapai dan Spider-Man harus mau 'hengkang' dari semesta Marvel.

 


REKOMENDASI
TRENDING