FILM INTERNASIONAL

Tidak kalah dari Makoto Shinkai, Inilah 6 Film Mamoru Hosoda yang Wajib Ditonton

Sabtu, 28 Agustus 2021 13:52 Penulis: Editor KapanLagi.com

https://myanimelist.net/people/5067/Mamoru_Hosoda

Kapanlagi.com - Film YOUR NAME karya Makoto Shinkai yang dirilis pada tahun 2016 silam mendapatkan kesuksesan besar di tingkat internasional. Kesuksesan itu juga membawa beberapa judul lama karyanya untuk kembali dibicarakan. Hal itu juga tak lepas dengan perbandingan antara Makoto Shinkai dan beberapa sutradara film anime, salah satunya Mamoru Hosoda.

Mamoru Hosoda berulang kali mendulang kesuksesan dengan film-film animasi yang telah dibuatnya. Dengan kesuksesannya, ia mendirikan studio animasinya sendiri yang dinamai Studio Chizu. Ia dan rekannya Yuichiro Sato telah menghasilkan beberapa film yang sayang sekali untuk dilewatkan.

Berikut merupakan enam film karya Mamoru Hosoda yang wajib ditonton.

1. THE GIRL WHO LEAPT THROUGH TIME

Film ini menceritakan tentang seorang gadis SMA bernama Makoto yang menyadari bahwa dirinya memiliki kekuatan untuk melalukan time leap setelah dirinya hampir saja meninggal karena mengalami kecelakaan. Sesaat setelah mendapatkan kekuatannya, Makoto selalu menggunakan time leap untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Karena ini juga, Makoto mengetahui rahasia yang sudah disimpan oleh salah seorang temannya bernama Chiaki.

THE GIRL WHO LEAPT THROUGH TIME, atau biasa juga disebut TOKI WO KAKERU SHOJO, merupakan adaptasi film dari sebuah novel berjudul sama yang ditulis oleh Tsutsui Yasutaka. Setelah perilisannya, film ini berhasil menyabet sejumlah penghargaan, yakni the Best Animated Film di Sitges Film Festival 2006, Animation of the Year pada Japan Academy Prize di 2007. Para staf yang bekerja untuk film ini juga berhasil mendapatkan beberapa award, antara lain penghargaan untuk sutradara, penulis skrip, art direction, dan character design. Film ini juga telah memenangkan Grand Prize pada 2006 Japan Media Arts Festival untuk film animasi.

 

2. SUMMER WARS

SUMMER WARS menceritakan tentang seorang jenius matematika bernama Kenji yang merupakan seorang moderator dari dunia virtual yang disebut OZ. Ia dibawa ke Ueda oleh temannya yang bernama Natsuki Shinohara untuk merayakan ulang tahun neneknya. Setelah sampai di kediaman keluarga Shinohara, Kenji mendapatkan sebuah kode misterius yang rupanya digunakan sebuah perangkat AI untuk meretas dunia virtual OZ. Kenji yang dituduh sebagai peretasnya itupun harus menangani dan menghentikan perangkat AI bernama Love Machine tersebut agar tidak merusak OZ lebih lanjut.

Film yang dirilis pada 1 Agustus 2009 ini mulai diproduksi pada tahun 2006. Film ini menduduki peringkat ke-7 pada box office pada akhir minggu pertama perilisannya. Film ini juga berhasil memenangkan beberapa penghargaan bergengsi, seperti Animation of the Year pada Japanese Academy Award 2010. Film ini juga berhasil menjadi film animasi Jepang pertama yang dinominasikan pada Golden Leopard Award di Locarno International Film Festival di Swiss pada 2009. Film ini juga mengantarkan Mamoru Hosoda sebagai sutradara kedua, setelah Hayao Miyazaki dari Ghibli, yang dinominasikan pada Annie Award.

 

3. WOLF CHILDREN

Bercerita tentang hubungan seorang Ibu dan kedua anaknya, film ini berhasil mendapatkan banyak penggemar karena ceritanya yang menyentuh. Seorang mahasiswi yang bernama Hana jatuh cinta pada seorang pemuda yang menghadiri kelas yang sama dengannya. Namun, pemuda tersebut ternyata merupakan seorang werewolf. Setelah dikarunai dengan dua orang anak, si pemuda menghilang dan dikabarkan meninggal.

Film ini berfokus pada kisah Hana sebagai single mother dan usahanya dalam membesarkan anak-anaknya yang bernama Yuki dan Ame. Hana memutuskan untuk pindah ke sebuah desa demi membesarkan anak-anaknya, yang juga seorang werewolf, dan melindungi identitas mereka.

OOKAMI KODOMO NO AME TO YUKI, nama lain dari WOLF CHILDREN, berhasil membawa pulang beberapa penghargaan bergengsi, seperti Animation of the Year pada Japan Academy Prize 2013 dan Tokyo International Anime Fair 2013. Film ini juga memenangkan Audience Award pada New York International Children’s Film Festival 2013 dan 2014 Best Anime Disc dari Home Media Magazine.

 

4. THE BOY AND THE BEAST

THE BOY AND THE BEAST mengisahkan tentang kehidupan seorang yatim piatu bernama Ren. Pada suatu hari di jalanan Shibuya, ia bertemu dengan Kumatetsu, bakemono yang sedang mencari seorang murid. Ren yang kini menjadi murid dari Kumatetsu diberi nama Kyuta oleh masternya. Kyuta menjalani hari-harinya sebagai murid Kumatetsu di dunia bakemono sebelum akhirnya ia menemukan jalan kembali ke dunia manusia.

Film ini dirilis pada 11 Juli 2015 di Jepang dan 16 Oktober 2015 untuk perilisan internasionalnya pada Toronto International Film Festival. Film ini menjadi film terlaris kedua di Jepang pada tahun 2015 dengan total penjualan $48,6 juta (atau sekitar Rp. 670 miliar.)

 

5. MIRAI

Film MIRAI menceritakan kisah tentang seorang anak kecil bernama Kun, anak kecil berumur empat tahun, yang cemburu pada adiknya yang bernama Mirai. Mirai yang baru saja lahir mendapat banyak perhatian dari orang tua mereka. Kun yang kesal dengan hal itupun suatu hari bertemu dengan seorang pria aneh di kebun rumahnya. Di kebun itu juga, Kun melakukan time travel dimana ia pergi ke masa lalu dan masa depan untuk mengenal keluarganya.

Film ini kali pertama dirilis di Jepang pada 20 Juli 2018. Banyak perilisan internasionalnya menyusul pada tahun yang sama. Film ini juga dinominasikan untuk Best Animated Feature Film pada Oscars 2019 dan Golden Globe Awards ke-79.

 

6. BELLE

Belle merupakan film animasi terbaru karya Mamoru Hosoda yang melakukan premier pertamanya pada 15 Juli 2021 di Cannes Film Festival 2021 dan dirilis di bioskop sehari setelahnya. Film ini menceritakan kehidupan seorang gadis SMA yang hidup di dunia nyata, di Jepang, dan dunia virtual yang bernama “U”. Gadis ini memakai nama Belle untuk dirinya di dunia virtual.

Film ini menggandeng aktor terkenal Takeru Sato sebagai pengisi suara The Dragon, atau Kei. Pada proses produksinya, Studio Chizu, studio yang menggarap film ini, mendapatkan bantuan dari Jin Kim dan Michael Camacho, seorang animator dan character designer dari Disney, serta studio Cartoon Saloon, studio asal Irlandia, untuk menggarap background dari dunia “U”.

Nah, itu dia film Mamoru Hosoda yang tak kalah keren dari Makoto Shinkai. Apakah ada film di atas yang KLovers suka? Tuliskan jawaban kalian di bawah!

 

Ditulis oleh: Salmaa Fadh

 

(kpl/mag)


REKOMENDASI
TRENDING