'YASMINE': Film Pertama Brunei Raih Penghargaan Internasional

Selasa, 15 Juli 2014 13:51 Penulis: Alfan
'YASMINE': Film Pertama Brunei Raih Penghargaan Internasional YASMINE @ © Yasmine The Movie
Kapanlagi.com - Setelah lima puluh tahun mati suri, Brunei langsung menggebrak dengan YASMINE, film baru yang bekerja sama dengan sineas berbakat Indonesia. Tak tanggung-tanggung, kehebohan film remaja tersebut langsung menyabet penghargaan Film Asia Terbaik di ajang Neuchatel International Fantastic Film Festival 2014 di Swiss pada hari Senin lalu (14/7).

Diakui oleh Siti Kamaluddin selaku sutradara bahwa sebagai film pertama, banyak tantangan yang dihadapi oleh mereka. Selain dari segi pemain yang masih banyak yang impor, alat-alat pun harus mereka datangkan khusus dari negeri Jiran.

Selain itu, Liyana Yus sebagai aktris utama, sebelumnya belum pernah main film sama sekali. "Karena kita nggak pernah punya film dan dia aktris pertama kita, jadi aku beri dia guru akting spend time with her for one years," ujar Siti. Persiapan tersebut juga tidak singkat, selama satu tahun gadis tersebut digembleng dasar-dasar akting mulai dari script reading hingga persiapan menjelang syuting.

Film ini didukung tiga artis papan atas Indonesia, yaitu Reza Rahadian, Agus Kuncoro, dan Dwi Sasono. Selain itu, naskahnya sendiri dibuat oleh penulis naskah LASKAR PELANGI, yaitu Salman Aristo.

Dalam ajang tahunan di Swiss tersebut, YASMINE menyisihkan film-film Asia lainnya, seperti KUNG FU DIVAS (Filipina), LIVE (Jepang), MONSOON SHOOTOUT (India), THAT DEMON WITHIN (Hongkong), THE RAID 2: BERANDAL (Indonesia), THE SUSPECT (Korea Selatan), dan YOUNG DETECTIVE DEE (China).

Rencananya, film ini masih akan diikutsertakan dalam 18th Puchon International Fantastic Film Festival pada 17-21 Juli mendatang. Rilis filmnya sendiri baru dimulai pada 21 Agustus di bioskop-bioskop Indonesia.

Penasaran? Tonton trailer-nya berikut ini!

(dai/alf)

Editor:

Alfan


REKOMENDASI
TRENDING