Andy Garcia Pindah Haluan Jadi Sutradara

Selasa, 08 Februari 2005 12:53 Penulis: Erlin
Kapanlagi.com - Ruang gerak sebagai seorang aktor tampaknya kurang membuat leluasa aktor Hollywood, Andy Garcia. Buktinya, diluar kegiatan utamanya sebagai aktor, Andy sudah mulai terjun langsung mengarahkan para artis dalam dalam pembuatan film. Ia mencoba menyutradarai sebuah film dan kini telah menyelesaikan bagian akhirnya, THE LOST CITY.

Film perdana garapan Garcia berkisah mengenai sebuah keluarga yang menjalani hidup dalam masa-masa revolusi Kuba 1959 yang membawa Fidel Castro berkuasa. Aktor asal Kuba-Amerika itu telah menyelesaikan pengambilan gambar di Republik Dominika dan bahwa film ini kini tengah dalam proses pasca-produksi.

THE LOST CITY merupakan film yang diangkat dari novel pemenang penghargaan karya penulis Kuba Guillermo Cabrera Infante yang menjalani pengasingan di Inggris. ”Film ini tentang cinta yang tidak mungkin bagi seorang perempuan dan perempuan itu dalam hal ini adalah representasi dari pulau itu (Kuba, red.)," ujar aktor pelarian Kuba yang menentang rezim Castro ini.

Garcia sendiri punya pandangan lain mengenai tanah kelahiran yang kini dibawah pimpinan Fidel Castro. "Hal terbaik tentang memiliki sudut pandang tentang apa yang terjadi di Kuba, adalah bahwa di Amerika Anda bisa memiliki sebuah sudut pandang dan Anda tidak akan masuk penjara karena hal itu, sedangkan di Kuba Anda bisa masuk penjara," keluhnya.

Saat ini, Garcia tengah berada di Miami Beach untuk mengikuti Miami International Film Festival yang menampilkan film Modigliani. Dalam film ini, Garcia berperan sebagai pelukis dan pemahat Italia abad ke-20, Amedeo Modigliani. Film terakhir lain Garcia adalah OCEAN'S TWELVE, meski ia muncul dalam beberapa scene saja.

(isb/erl)

Editor:

Erlin


REKOMENDASI
TRENDING