Kematian Anton Yelchin Disebabkan Karena Mobil Cacat Produksi?

Selasa, 21 Juni 2016 12:08 Penulis: Fitrah Ardiyanti
Kematian Anton Yelchin Disebabkan Karena Mobil Cacat Produksi? Anton Yelchin/©Istimewa
Kapanlagi.com - Anton Yelchin, pemeran Pavel Chekov dalam STAR TREK, meninggal pada Minggu 19 Juni usai tergencet mobilnya sendiri di kediamannya, di Studio City, Los Angeles, California. Mobil SUV Jeep Grand Cherokee A/T (Automatic Transmission) berbobot 2,5 ton itu diparkir di jalanan menurun di depan rumahnya.

Tanpa disadari, mobil itu mundur dan mendorong tubuh Anton hingga terjepit di antara kotak surat dan pagar rumahnya. Tak seorang pun menyadari kejadian yang terjadi pada pukul 1.10 pagi waktu setempat, hingga rekannya menemukan kondisi Anton sudah dalam keadaan trauma.

Atas kepergian bintang muda berusia 27 tahun itu, produsen Jeep, Fiat Chrysler, mengucapkan bela sungkawa sedalam-dalamnya kepada keluarga Anton Yelchin. "Fiat Chrysler Automobiles US extends its deepest sympathies to the family and friends of Mr. Yelchin," demikian seperti yang dikutip Daily Mail.

Tahukah kalian jika sebenarnya mobil milik Anton tersebut sudah ditarik dari peredaran sejak April 2016? National Highway Traffic Safety Administration menariknya karena dituding sebagai penyebab 212 kecelakaan, 308 klaim kerusakan properti dan memakan 41 orang korban. 

Shiftgear otomatis tanpa shiftlock ini dianggap sebagai penyebab Jeep Grand Cherokee ditarik dari peredaran/©Daily MailShiftgear otomatis tanpa shiftlock ini dianggap sebagai penyebab Jeep Grand Cherokee ditarik dari peredaran/©Daily Mail

Apa sih yang membuat mobil ini begitu horor? Dilansir Guardian, penyebab penarikan massal SUV ini adalah sistem perseneling elektronik yang sering membingungkan pengendara. Banyak dari mereka melakukan komplain karena sering bingung gigi mana yang harus mereka masukkan ketika sedang parkir.

Kebanyakan dari mereka memasukkan gigi N (Neutral) ketika sedang parkir. Padahal hal tersebut malah menyebabkan kecelakaan tragis seperti yang dialami Anton Yelchin. Seharusnya, gigi P (Parking) yang harus mereka masukkan ketika sedang dalam kondisi parkir.

Salah satu hal yang juga dianggap paling fatal adalah posisi perseneling Jeep Grand Cherokee yang akan kembali ke posisi awal. Jadi sopir akan kebingungan gigi mana yang sudah mereka masukkan. Itulah mengapa keberadaan shiftlock sangatlah penting. 

Pihak Fiat Chrysler mengatakan jika terlalu dini untuk menyalahkan perusahaannya atas kematian Anton Yelchin. Investigasi terus berlanjut untuk mengetahui sebab kematian bintang muda berbakat ini. RIP, Anton Yelchin.

(kpl/tch)


REKOMENDASI
TRENDING