Komedian Rodney Dangerfield Tutup Usia

Selasa, 00 0000 00:00 Penulis: Erlin
Kapanlagi.com - Rodney Dangerfield, aktor komedian bermata bulat yang "sering mengeluh merasa tidak dihargai", dilaporkan meninggal pada Selasa kemarin (05/10) di Los Angeles.

Ia wafat dalam usia 82 tahun di RS UCLA Medical Center tempat ia menjalani operasi jantung pada 25 Agustus lalu.

Paska operasi jantung itu, Dangerfield mengalami stroke, infeksi dan komplikasi abdominal, kemudian koma, begitulah dikatakan istrinya, Joan. Kesehatan Dangerfield sebelumnya telah memburuk sejak beberapa tahun terakhir ini sehingga harus menjalani dua kali operasi bypass jantung pada tahun 2000 dan mendapat serangan jantung tahun 2001 serta operasi otak pada musim semi lalu.

Warga asli Long Island, Dangerfield (lahir dengan nama Jacob Cohen) pertama kali masuk ke dunia hiburan terutama bidang komedi pada dekade 1940-an dengan nama Jack Roy. Setelah sempat menjadi pengusaha pada 1950-an, ia kembali ke berkiprah sebagai komedian dengan nama pentas Rodney Dangerfield pada 1960-an dan membuka klub komedi miliknya tahun 1969, salah satu klub pertama jenis itu di AS.

Dengan kombinasi baju putih dengan dasi merah (kini dipamerkan di museum Smithsonian), Dangerfield memperkenalkan kata populer I can't get no respect yang kemudian menjadi bagian kultur Amerika. Sejak 1970-an, Dangerfield berada dimana-mana termasuk film (Anda mungkin ingat Caddyshack), televisi dan pentas. Tidak hanya itu, iapun dianggap menemukan para komedian populer seperti Jerry Seinfeld, Jim Carrey, Roseanne, Robert Townsend dan Tim Allen.

(ind/erl)

Editor:

Erlin


REKOMENDASI
TRENDING