SELEBRITI

3 Fakta Menarik Bayu Skak, Dari Youtuber Kampung Sampai Kini Jadi Film Maker Nasional

Jum'at, 15 Oktober 2021 18:17 Penulis: Editor KapanLagi.com

instagram.com/moektito

Kapanlagi.com - Bayu Eko Moektito atau yang akrab disapa Bayu Skak adalah Youtuber kenamaan Malang. Ia lahir pada tanggal 13 November 1993 di Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Kata SKAK sendiri pada akhiran nama panggungnya berarti "Sekumpulan Arek Kesel", hal ini dikarenakan waktu ia pertama kali membuat kanal Youtube miliknya seluruh pengerjaan video dikerjakan sepulang sekolah.

Bayu sendiri mulai merintis kanal miliknya pada tahun 25 Juli 2010. Pada waktu itu masih belum banyak orang mengenal Youtube. Sehingga apa yang Bayu lakukan kala itu masih terasa fresh dan unik dikalangan masyarakat. Ia pun tidak ujuk-ujuk sukses melalui Youtube.

Banyak tantangan yang ia hadapi dalam mengikuti kata hatinya untuk berkarya pada platform Youtube ini. Pada akhirnya ia pun menuai apa yang ditanamnya. Ia diundang di berbagai acara TV, menjadi kameo dalam beberapa film dan menjadi Youtuber pertama di Malang yang memiliki lebih dari 2 Juta Subscriber.

Namun masih ada fakta-fakta menarik lain dari Bayu SKAK. Berikut 3 fakta menarik dari Bayu Skak!

1. Turut Mendukung UMKM Lokal

Meskipun telah meraih begitu banyak pujian dan kesuksesan, Bayu tak melupakan kampung halamannya, ia tetap mendukung UMKM lokal dengan mempromosikannya melalui kanal Youtube yang ia miliki.

Pada salah satu video yang ia buat, Bayu mendukung penuh UMKM lokal. Hal ini dikarenakan pandemi yang terjadi memberi dampak yang besar bagi para pekerja UMKM ini. Ia pun juga turut mengajak kita untuk selalu membeli produk-produk lokal agar kita juga bisa mendukung dan mengembangkan usaha-usaha daerah yang telah ada.

 

 

2. Menulis Sendiri Script 'YOWIS BEN 1'

Dalam menggarap film pertamanya itu Bayu sangat berambisi untuk merealisasikan apa yang telah ia rencanakan. Ia pun menulis sendiri seluruh adegan dan script dalam film Yowis Ben 1. Tak hanya itu, ia juga menawarkan naskah yang ia buat kepada produsen-produsen film yang ada.

Namun, ia mengalami berbagai penolakan dari para produsen film. Hal ini dikarenakan kurangnya minat masyarakat terhadap film yang berbahasa ke daerahan. Bayu pun tak patah semangat dan akhirnya film yang ia rintis diproduksi oleh StarVision. Setelah, itu karir Bayu terus melesat dan kini Yowis Ben telah sampai pada film ketiganya.

 

 

3. Merintis Kanal Youtube Dengan Teman-Teman SMK

Pada saat di awal Bayu merintis kanal Youtube, ia dibantu oleh teman-teman SMK nya. Julukan SKAK "Sekumpulan Arek Kesel" ini datang dari grup yang Bayu rintis. Sepulang sekolah mereka mengerjakan video-video parodi yang kemudian di unggah di Youtube.

Keunikan dari konsep yang mereka buat kala itu, yang membuat mereka perlahan-lahan dilirik orang-orang melalui Youtube. Namun, seiring berjalannya kanal Youtube Bayu, ia sendiri yang membuat video dan mengeditnya. Sampai sekarang pun Bayu tetap mengedit dan membuat video sendiri.

Ditulis oleh: Moch Ekky Syahruhdin

 

 


REKOMENDASI
TRENDING