SELEBRITI

5 Fakta Ananda Badudu, Musisi yang Sempat Ditangkap Polisi Terkait Demo Mahasiswa

Jum'at, 27 September 2019 20:42 Penulis: Tantri Dwi Rahmawati

Ananda Badudu © KapanLagi.com/Girindra Permana

Kapanlagi.com - Ananda Badudu selama ini dikenal sebagai seorang musisi. Ia adalah salah satu personil dari grup duo Banda Neira. Ia turut terlibat dalam aksi demo mahasiswa yang terjadi pada 23-24 September 2019 lalu. Ananda lantas ditangkap dan diperiksa oleh Polisi.

Penangkapannya dilakukan hari Jumat (27/9). Kala itu Ananda kabarkan lewat Twitter pribadinya. "Saya dijemput polda karena mentransfer sejumlah dana pada mahasiswa," begitu bunyi cuitannya. Setelah lalui pemeriksaan selama 7 jam, ia lantas dibebaskan.

Penangkapan Ananda Badudu ini menarik simpati banyak pihak. Rara Sekar, kakak Isyana Sarasvati sekaligus mantan personil Banda Neira salah satunya. Tak terkecuali sutradara Angga Dwimas Sasongko juga turut mengecam penangkapan tersebut. Gara-gara itu, nggak sedikit yang penasaran sama Ananda Badudu. Siapa sih dia?

1. Ananda Badudu adalah Mantan Jurnalis

Nama Ananda Badudu mulai dikenal luas semenjak kiprahnya bersama Banda Neira. Ia dan Rara Sekar menelurkan berbagai lagu. Namun grup ini bubar pada Desember 2016. Kabar itu bikin para fans patah hati.

Siapa sangka, di balik kepiawaiannya memainkan gitar dan bermusik, Ananda adalah seorang jurnalis Tempo kala itu. Dilansir dari dibandaneira.tumblr.com, kala jadi jurnalis, Ananda kerap berkeliling Jakarta hingga malam. Kini Ananda sudah tidak lagi jadi jurnalis.

2. Ananda Badudu Seorang Aktivis

Semenjak kuliah Ananda diketahui sudah melakukan berbagai perjuangan bagi masyarakat. Diketahui dari Instagramnya juga, ia kerap kali sampaikan kritik pada pemerintah. Setidaknya, dilansir dari Instagramnya, ia pernah terlibat aksi Kamisan di depan gedung Istana.

Yup, sebelum aktif menggalang dana untuk aksi demo mahasiswa beberapa waktu lalu, Ananda sempat sampaikan kritik di Instagram. Responnya terhadap revisi UU KPK ia rangkum dalam sebuah video bertajuk Pemakaman Harapan.

3. Ananda Badudu dan Dunia Kepenulisan Mahasiswa

Masih dilansir dari sumber yang sama, Ananda Badudu diketahui merupakan alumni Universitas Katolik Parahyangan jurusan Hubungan Internasional. Semasa kuliah, ia aktif di UKM Media Parahyangan (MP). Dalam UKM itu ia sempat menjabat sebagai ketua umum.

4. Cucu JS Badudu

Nama JS Badudu barangkali nggak asing di telinga KLovers. Jusuf Sjarif Badudu atau lebih dikenal dengan JS Badudu adalah seorang pakar bahasa. Meninggal pada Maret 2016, mendiang merupakan guru besar linguistik di Universitas Padjadjaran Bandung. Dilansir dari Tempo.co., JS Badudu dikenal luas sebagai pembawa acara Pembinaan Bahasa Indonesia (1974-1979) di TVRI. Ia juga menyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia.

5. Ananda Badudu dan Banana Cake

Menurut dibandaneira.tumblr.com, Ananda Badudu ini suka bikin kue. Hobi ini barangkali nggak diduga sebab kegemaran Ananda berjibaku dengan buku dan berbagai aktivitas sosialnya. Siapa sangka ia sempat pula menjual kuenya di salah satu toko di Bandung. Banana Cake bikinan Nanda adalah kue yang paling laris.


REKOMENDASI
TRENDING