5 Fakta Unik Kelahiran Anak Pertama Andien, Anaku Askara Biru

Rabu, 18 Januari 2017 15:38 Penulis: Wulan Noviarina
5 Fakta Unik Kelahiran Anak Pertama Andien, Anaku Askara Biru Andien ©instagram/andienaisyah

Kapanlagi.com - Andien dan Ippe menyambut buah hati mereka pada 7 Januari 2017 kemarin. Bayi bernama Anaku Askara Biru itu lahir engan proses persalinan normal, dan baru diumumkan ke dunia 7 hari setelah kelahirannya. Banyak hal unik terjadi dalam proses persalinan pertama Andien. Penyanyi cantik ini pun memakai metode yang tidak banyak diambil seleb lain untuk melahirkan buah hatinya.

Sepanjang akhir pekan ini proses persalinan yang dialami Andien menjadi sorotan. Mulai dari metode sampai proses pasca persalinannya menarik perhatian. Andien pun tak segan membagi cerita lewat akun Instagramnya.

Dari banyak hal yang menarik, KapanLagi.com® merangkumnya dan mendapatkan 5 fakta unik dari persalinan Andien. Sudah siap menyimaknya sampai akhir? Yuk...

1. Melahirkan di Rumah

Andien memilih untuk melahirkan di rumahnya sendiri ©instagram/andienaisyahAndien memilih untuk melahirkan di rumahnya sendiri ©instagram/andienaisyah

Saat ini sudah jarang seorang ibu melahirkan di rumah sendiri. Kebanyakan memilih melahirkan di rumah sakit, atau paling tidak di klinik bersalin atau rumah bidan yang membantu persalinannya.

Namun Andien memilih untuk melahirkan di rumahnya sendiri, dibantu oleh bidan selama prosesnya. Ia merasa lebih nyaman melahirkan di rumah, yang membuatnya lebih dekat dengan bayinya.

Andien memakai metode gentle birth untuk proses kehamilan dan persalinannya kali ini. Ini adalah konsep persalinan yang tenang, santun dan alami agar ibu rileks selama melahirkan buah hatinya. Andien sukses melakukannya, dipadu dengan metode lain yang turut memperlancar prosesnya.

Metode ini juga membuatnya tak pernah jauh dari bayinya. Usai lahiran, ia mendekap Kawa sampai berjam-jam dan tak pernah terpisah. Andien juga langsung beraktivitas di rumah dan menyambut keluarga yang menjenguk dengan bahagia.

2. Water Birth

Andien memilih metode waterbirth untuk kelahiran anak pertamanya ©instagram/andienaisyahAndien memilih metode waterbirth untuk kelahiran anak pertamanya ©instagram/andienaisyah

Andien memakai metode water birth untuk persalinan pertamanya. Seperti namanya, metode ini dilakukan di dalam air, dengan suami turut berperan serta penuh sepanjang prosesnya.

Penyanyi ini mengisahkan bahwa ia mengalami kontraksi pada tanggal 7 Januari pukul 08.00 WIB. Sempat jalan-jalan sebentar, kontraksi berlangsung semakin hebat dan akhirnya memanggil bidan yang datang pada pukul 11 siang.

Pukul 14.00 Andien mulai mengalami pembukaan 1 ke 2. Ternyata, pembukaan Andien berlangsung dengan cepat, dan pada pukul 16.50 WIB Kawa lahir ke dunia.

3. Minta Bantuan Tetangga Untuk Merebus Air

Suami yang menyiapkan air untuk persalinan, dan minta bantuan tetangga buat merebus air ©instagram/andienaisyahSuami yang menyiapkan air untuk persalinan, dan minta bantuan tetangga buat merebus air ©instagram/andienaisyah

Proses water birth yang ditempuh Andien bukan tanpa halangan. Meski sudah melakukan latihan beberapa hari sebelumnya, namun pada hari H ternyata segala hal tak sesuai rencana. Pembukaan Andien berlangsung dengan cepat, membuat waktu untuk merebus air jadi kurang.

Untuk persalinan Andien, Ippe membeli 15 galon air yang harus direbus sebelum pembukaan semakin banyak. Ketika pembukaan sudah 8, ternyata waktu untuk merebus air sudah mepet. Akhirnya Ippe meminta bantuan pada tetangga untuk merebuskan air.

Syukurlah, tepat di waktu Kawa akan lahir, Ippe sudah selesai merebus air dan langsung masuk ke dalam kolam. Ippe memeluk Andien sepanjang proses persalinan dan menangkap Kawa ketika keluar dari rahim. Proses yang menegangkan, namun hasilnya sangat menyenangkan.

4. Lotus Birth

Lotus birth, Andien tak memotong ari-ari Kawa ketika lahir ©instagram/andienaisyahLotus birth, Andien tak memotong ari-ari Kawa ketika lahir ©instagram/andienaisyah

Jika melihat tanggal dan jam lahir Kawa, mungkin banyak yang menyangka kalau ia lahir lewat proses caesar. Jika ditulis dalam bentuk angka, Kawa lahir pada 07-01-2017 pukul 17 kurang 10. Ya, memang jamnya tidak tepat 17 seperti tahun lahir, tapi Tuhan sudah berkehendak demikian.

Seolah-olah semesta mendukung Andien untuk melahirkan di angka serba 7. Padahal Andien sama sekali tidak berencana untuk melahirkan di hari itu, karena ia hanya mengikuti kapan rahimnya berkontraksi.

Andien kini memakai bedong buat mengembalikan bentuk perutnya ©instagram/andienaisyahAndien kini memakai bedong buat mengembalikan bentuk perutnya ©instagram/andienaisyah

Kini Kawa sudah berusia 11 hari, Andien pun sedang berjuang mengembalikan perutnya dengan memakai bedong. Nampaknya, bedong Andien ini akan jadi trend baru di kalangan ibu-ibu, karena unik dan keren.

Welcome to the world, baby Kawa!

(kpl/phi)

Editor:

Wulan Noviarina


REKOMENDASI
TRENDING