SELEBRITI

Akibat Jarang Minum dan Sering Menahan Pipis, Ashanty Sakit Batu Ginjal

Rabu, 16 Juni 2021 14:21

Ashanty sakit batu ginjal © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Ashanty baru saja pulang dari menjalani pengobatan di Turki. Sebagaimana diketahui, ia tengah berusaha menyembuhkan penyakit autoimun yang diidapnya selama beberapa waktu terakhir.

Namun berdasar pemeriksaan terbaru, pihak dokter mengatakan bila ada penyakit tumbuh di dalam tubuh Ashanty yakni batu ginjal. Namun, batu tersebut tidak dianjurkan untuk diambil.

"Aku sekarang ngerasa sehat karena banyak perubahan di hidup aku. Terutama aku nggak membesarkan hal yang nggak penting, lebih relaks, lebih positif di banding aku sebelumnya. Dari situ aku merasa mungkin bisa menyembuhkan diriku sendiri. Tapi kalau secara medis ada sakit tambahan. Aku ada batu ginjal tapi nggak boleh diambil," kata Ashanty ditemui di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, Selasa (15/6/2021).

1. Minum Air Tiga Liter Sehari

Alih-alih diambil, pihak dokter malah menyarankan Ashanty untuk banyak minum air. Paling tidak, tiga liter air harus pelantun tembang Bohong ini konsumsi dalam satu hari.

"Aku cuma disuruh minum air tiga liter sehari, Insha Allah bisa keluar kalau aku minumnya teratur. Aku juga disuruh minum beberapa ramuan herbal. Sekarang aku juga nggak mau apa-apa dimakan," terang ibu empat orang anak ini.

2. Penyebab Muncul Batu Ginjal

Saat mendapat kabar bila ada batu ginjal, Ashanty sempat kaget lantaran tidak pernah merasa kesakitan. Namun ia menyadari kalau penyakit itu timbul karena kebiasaannya menahan buang air kecil.

"Aku tuh jujur nggak ngerasain sakit apa pun. Makanya pas dokter bilang ada batu ginjal, aku kayak 'Hah, kan nggak ada sakit apa-apa?'. Cuma memang kadang kurang minum air dan paling suka nahan pipis. Saran aku jangan pernah pipis ditahan. Itu nggak boleh. Karena aku suka males kan. Ya udah, sekarang aku coba dengan terapi dokter itu Insha Allah berhasil," tandas istri Anang Hermansyah tersebut.


REKOMENDASI
TRENDING