SELEBRITI

Al Ghazali Akan Bawa Kasus Berita Hoax Overdosis ke Jalur Hukum?

Senin, 13 Agustus 2018 20:45 Penulis: Guntur Merdekawan

Al Ghazali / Credit: KapanLagi - Budy Santoso

Kapanlagi.com - Kemunculan akun-akun gosip dalam beberapa waktu terakhir membuat para publik figur meradang, seperti salah satunya Al Ghazali. Belum lama ini, pelantun Kurayu Bidadari ini diberitakan mengalami overdosis karena pengaruh obat-obatan terlarang.

Marah sudah pasti. Namun Al juga ingin memberi pelajaran pada semua media agar tak sekedar mengambil berita dari akun gosip. Ada kemungkinan si ganteng ini bakal membawa kasus ini ke jalur hukum.

"Kan tadi sudah bicara dengan Al juga, Al sudah meminta pendapat kita terkait tentang narasi atau deskripsi yang ada di artikel itu. Kira-kira masuk nggak ke pemenuhan unsurnya. Kalau iya, dari satu artikel saja seperti masuk, ya masuk ke dalam unsur hoax. Jadi kita akan pertimbangkan, tergantung Al maunya gimana," ujar Hendarsam pengacara Al ketika ditemui di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (13/8).

"Artinya gini, tren saat ini soal berita hoax yang banyak merugikan orang, harus ada batasannya, terutama pada public figure. Contoh, saya ada salah satu portal online mengatakan bahwa 'Al dikabarkan mengalami overdosis' tuh kan. Kabarnya dapet dari mana? Kalau dia tidak membuktikan itu, atau sumbernya tak terpercaya, contoh ambil dari akun gosip. Nah ada komen orang seperti tidak terpercaya gitu, nah dia artinya sumbernya dari berita hoax, dia ikut menyebarkan berita hoax, yang patut diketahuinya bahwa itu berita tidak benar. Jelas ada pasal tersebut dalam Undang-undang IT. Nah itu yang harus kita tindak lanjuti, nanti tapi kita diskusi dengan mas Dhani dan Al juga yang lain," sambungnya.

1. Citra Al Jadi Buruk

Sebagai sosok penyanyi, DJ dan juga pemain film yang digilai banyak orang, tentu Al menarik minat dari sejumlah brand untuk menjalin kerjasama. Untuk itu, pemberitaan mengenai overdosis ini bisa sangat merugikan dan menjadikan citra Al buruk.

"Lagi kita pertimbangkan salah satu unsurnya. Al di-hire oleh beberapa produk yang tentunya citra Al ini harus mendukung produk tersebut. Kalau karena berita hoax ini akhirnya mendegradasi citra Al dan produk tersebut, tentunya ini ada kerugian yang dialami oleh pihak Al," lanjut Hendarsam.

"Apalagi sekarang kita ada negosiasi dengan produk yang sangat besar. Kalau itu ga jadi kan rugi," tambang Ahmad Dhani yang juga ada di lokasi serupa.

2. Alami Kerugian 1 Miliar Lebih?

Menurutnya, Dhani, Al mengalami kerugian materi yang cukup besar, mengingat ada kerjasama dengan sebuah produk yang menekankan jika Al dilarang mengkonsumsi narkoba. Jika sampai kerjasama ini batal, maka pria yang kini bergelut di dunia politik itu akan sangat marah besar.

"Yang rugi itu sebenarnya produk yang mengiklankan Al, karena di dalam iklan itu ada klausul Al tidak boleh terlibat narkoba. Dendanya mahal sekali untuk Al membayar itu. Ya gede, di atas 1 miliar. Mereka langsung nanya, makanya kalau ini sampai gagal, kita akan marah," pungkas Dhani.

3. Dul Juga Merasa Dirugikan

Pemberitaan miring tentang Al rupanya juga membuat Dul Jaelani sang adik kesal. Pasalnya, Ia melihat sendiri jika kakaknya saat itu sedang menjalani cek up rutin.

"Saya sih yang merasa dirugikan, karena saya sebagai adeknya menyaksikan kakak Al ke rumah sakit cuma murni cek kesehatan, CT Scan dan MRI. Saya juga kaget kok ada kabar simpang siur seperti itu. Itu sangat-sangat merugikan," ujar Dul.

REKOMENDASI
TRENDING