SELEBRITI

Alami Syaraf Kejepit, Hanung Bramantyo Ungkap Alasan Pilih Jalan Operasi Agar Bisa Sembuh

Jum'at, 21 Januari 2022 07:17

Alasan Hanung Bramantyo operasi syaraf kejepit © KapanLagi.com/Budy Santoso

Kapanlagi.com - Sutradara Hanung Bramantyo baru saja menjalani operasi karena alami syaraf terjepit pada bagian lehernya. Setelah beberapa pertimbangan, akhirnya suami dari Zaskia Adya Mecca ini pun akhirnya memilih jalan tersebut.

Saat ditemui di Plaza Senayan, Jakarta Selatan, (20/1) Kamis sore Hanung Bramatyo pun akhirnya menjelaskan alasannya memilih cara operasi untuk bisa sembuh. Cara itu dipilihnya karena semua terapi dan pengobatan non medis sudah tak bisa menyembuhkan syaraf terjepit yang ia derita.

"Saya memutuskan operasi karena memang sudah ada pemecahan dalam ruas leher saya. Pecahnya itu seperti makan burger dan keteken itu keluar semua, nah leher saya itu keluar daging menyentuh syaraf saya," ungkap Hanung Bramantyo.

"Dokter bilang sih tidak berbahaya. Dokter bilang mas Hanung tidak akan mati haha, cuma bakal terganggu kegiatannya. Kalau mau hilang semua ya operasi terapi udah nggak bisa," lanjutnya.

1. Berhenti Konsumsi Obat Pereda Nyeri

Hanung pun juga mengaku sudah tak mau mengonsumsi obat untuk meredakan nyeri pada lehernya. Terlebih efek obat yang dikonsumsi dalam jangka panjang akan memberi efek pada lambung, dan karena hal ini membuat Hanung Bramantyo teringat bahwa mendiang ayah alami komplikasi pada lambung juga.

"Kedua adalah minum obat, pain killer itu hanya memanage rasa sakit bukan menghilangkan penyebabnya. Kalau minum obat efeknya ke lambung. Nah saya jadi ingat papa saya kena lambung akhirnya jadi semakin komplikasi akhirnya ya udah saya putuskan operasi aja," ujarnya.

2. Risiko Gagal Operasi

Selain itu, Hanung pun menegaskan bahwa melakukan operasi untuk sembuh dari sakitnya adalah kemauannya sendiri. Ia pun mengatakan risiko gagal operasi juga kecil.

"Ini kemauan saya pribadi, dan dokter nggak neko-neko, kalau mau ya nggak apa-apa. Kalau menurut dokter risiko hanya 94 persen berhasil artinya sembuh sisanya apes saja," tuturnya.

3. Gejala Awal Sakit

Hanung pun menceritakan bagaimana gejala awal sakit yang deritanya itu. Ia juga mengatakan sakitnya itu awalnya memang sempat sembuh, namun karena tak hati-hati sakitnya pun kembali kambuh.

"Karena saya sering ngetik, main hp tiba-tiba langsung kesemutan. Nah ini buat saya panik dan akhirnya ke dokter dan dokter menyarankan untuk MRI, cuma mahal, nah karena mahal saya ronsen, tapi nggak sedetail MRI," ungkap Hanung Bramantyo.

"Nah rekomendasi ya dari hasil ronsen, ya terapilah, pakai polar neck nah sembuh cuma karena sembuh dan kegenitan, ya akhirnya olah raga, olahraganya ngaco, ya kambuh lagi," lanjutnya.

4. Penyakit Kambuh Lagi

Selain itu, Hanung pun menyebutkan bahwa syaraf kejepitnya itu sudah ia derita sejak empat tahun yang lalu. Namun ketika ia selesai menjalani diet, lagi-lagi penyakitnya pun kambuh lagi.

"Itu udah sejak 4 tahun yang lalu mulai sakit. Pas syuting HABIBI AINUN 3, itu udah pakai polar neck. Pas diet terus kurusan kan, nah kambuh lagi," ujarnya.

5. Bikin Istri Khawatir

Tentunya, Zaskia Adya Mecca khawatir akan keselamatan sang suami ketika jalani operasi. Namun setelah mengetahui semua prosedur yang aman, Zaskia pun bisa bernapas lega. Ia pun menilai bahwa memang jalan operasi adalah yang terbaik demi kesembuhan sang suami.

"Sempat panik protes awalnya, kan operasi banyak yang bilang kasus gagal cuma, itu kan prosedur operasi jaman dulu, sekarang kan nggak," ungkap Zaskia Adya Mecca.

"Ya tetap khawatir aja operasi ada sobekan mayan gede di leher mas Hanung, cuma pas abis operasi ternyata memang ini keputusan yang paling tepat buat mas Hanung," imbuhnya.


REKOMENDASI
TRENDING