SELEBRITI

Bagi Puan Maharani, Perempuan Punya Andil Besar Dalam Melestarikan Budaya Bangsa

Sabtu, 29 Mei 2021 21:38

Puan Maharani ©instagram.com/puanmaharaniri

Kapanlagi.com - Perempuan bisa dibilang memegang peran penting dalam pelestarian budaya bangsa Indonesia. Bahkan, tak sedikit pula para perempuan Tanah Air yang diakui oleh dunia karena prestasinya. 

Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan, Perempuan Indonesia dibesarkan oleh budaya leluhur sehingga memiliki tekad untuk melestarikannya. Menurut Puan, setidaknya ada dua bentuk peran yang dilakukan perempuan sebagai benteng budaya.

"Pertama, sebagai agen budaya perempuan memiliki peran sentral dan berkontribusi besar dalam menciptakan sekaligus mempertahankan pelestarian produk kebudayaan yang ada dalam masyarakat," ujar Puan Maharani saat membuka Pagelaran Wayang Kulit di TVRI, Senayan, Jakarta dalam rangka Peringatan Hari Kartini baru-baru ini.

1. Kiprah Perempuan

Menurut wanita yang pernah menerima kehormatan Bintanga Mahaputera Adipradana ini, perempuan harus punya kontribusi aktif dalam melestarikan budaya leluhur.  Ia juga mengatakan, kiprah perempuan  dalam keluarga juga punya andil besar dan sangat berharga. 

"Keluarga merupakan titik awal kehidupan seseorang. Nilai-nilai yang ditanamkan dalam keluarga akan turut membimbing hidup seseorang sepanjang hidupnya. Harapan saya, setiap keluarga di Indonesia menjadi titik awal kecintaan rakyat Indonesia terhadap budaya bangsa," tegas Puan.

2. Kesadaran Generasi Muda

Ia menambahkan, para generasi muda harus menyadari bahwa produk dan nilai kebudayaan dari berbagai daerah ialah bagian dari keindahan dan keunikan Indonesia yang harus dijaga bersama.

"Pada akhirnya, kita semua, baik perempuan maupun laki-laki, perlu sama-sama menjaga dan melestarikan kebudayaan Indonesia," tutur wanita 47 tahun itu.

(kpl/dwn)


REKOMENDASI
TRENDING