SELEBRITI

Bikin Bangga! Balerina Muda asal Indonesia Jade Princessa Memulai Karier Internasional di Amerika Serikat

Kamis, 18 Agustus 2022 22:33

Jaded Princessa balerina berbakat asal Indonesia / Credit Foto: Dokumentasi Pribadi

Kapanlagi.com - Indonesia kembali menghadirkan talenta besar dalam diri seorang balerina bernama Jade Princessa. Sebuah prestasi membanggakan baru saja ditorehkannya dengan bergabung di Arts Ballet of Theatre of Florida, Miami, Amerika Serikat yang bakal dimulai akhir Agustus 2022 mendatang.

Di sana, Jade akan dilabeli sebagai anggota Korps Junior Perusahaan dengan level apprentice selama 1 tahun. Jade pun mengaku bersyukur atas capaiannya tersebut. Sebab, tak mudah bisa masuk dalam company ballet ternama yang terkenal sulit seleksinya.

"Dulu kebayangnya cuma jadi balerina atau dancer di Indonesia. Ini capaian yang sangat saya syukuri," ungkap Jade di Jakarta, Kamis (18/8/2022).

1. Mulai Tertarik Pada Balet di Usia 7 tahun

Jade sudah memiliki ketertarikan pada tari balet sejak usia dini, tepatnya 7 tahun. Beruntungnya, Ia memiliki orangtua supportive yang lantas memfasilitasi sang buah hati untuk ikut sejumlah les balet.

"Saya sangat menyukai ballet karena menurut saya ballet itu seni yang sangat indah. Gerakannya sangat sulit dan detail sekali, sehingga memerlukan latihan yang keras untuk bisa mencapai ke level professional, tetapi saat menari saya merasa saya bisa mengekspresikan diri saya lewat gerakan saya," ungkap Jade.

Kini, untuk menunjang kemampuannya, Jade juga bersekolah balet hingga ke luar negeri. Jade ingin membuktikan bahwa ballerina dari Indonesia bisa berkompetisi dan berprestasi di ajang internasional. Setelah menamatkan pendidikan SMA di usia 16 tahun, dirinya langsung terbang ke Amerika Serikat untuk mencapai mimpinya memperdalam balet.

Jade diterima di level Akademi 3 di Orlando Ballet School di Orlando, Florida, USA, selama 2 season (2019-2020 dan 2020-2021). Pada 2019, Jade berhasil mendapatkan financial aid untuk Harid Conservatory Summer Program di Boca Raton, Florida, USA dan dua tahun setelahnya, Jade mendapatkan financial aid untuk berkompetisi di YAGP, Tampa, Florida, USA.

2. Misi Besar Jade Princessa

Meski sempat dipandang sebelah mata orang-orang terdekat, Jade tetap melangkah dan terus melatih kemampuannya. Hingga akhirnya satu persatu prestasi berhasil dia raih, seperti salah satunya medali emas dalam Asia Pacific Arts Festival 2019 di Ho Chi Minh, Vietnam untuk kategori solo dan grup.

Berkarier di luar negeri sejatinya bukanlah tujuan akhir dari cita-cita besar Jade. Ke depan, Jade ingin membuat wadah bagi penari-penari di Indonesia agar bisa mendunia. Menurutnya, meski balet di Indonesia sudah mulai berkembang, namun fasilitas pendukung belum memadai.

"Harapan saya ke depannya saya bisa membangun sebuah wadah atau foundation untuk penari-penari dari Indonesia yang ingin berkarir ke luar negeri. Belajar dari pengalaman saya betapa susahnya untuk bisa bersekolah dan masuk company diluar ngeri, saya ingin membantu penari-penari yang lain dan membuka pintu untuk mereka," ungkap Jade.

Selain balet dan tarian, Jade juga merupakan seorang kreator konten yang aktif di media sosial. Jade fokus membuat konten fesyen dan endorsement. Ia juga beberapa kali melakukan photoshoot sesion untuk balet dan fesyen.

Sebagai generasi milenial yang telah memiliki literasi digital marketing, di usia 19 tahun saat ini Jade juga telah memiliki +45juta captive market awareness setiap bulannya sebagai bagian dari ekosistem digital yang telah dibangun sejak remaja.

3. Dukungan dari LPI

Sementara itu,  Layananpengadaan.id (LPI) sebagai partner resmi Manajemen Publik Jade Princessa turut meyakini bahwa keberangkatan Jade ke Arts Ballet of Theatre of Florida di Miami adalah momentum yang dapat mewakili 'mimpi setinggi langit' yang menjadi hak setiap anak bangsa di Indonesia.

"Jade di usianya yang sangat muda telah membuktikan bahwa talenta muda dari Indonesia juga bisa menjadikan ballet, sebagai seni tari yang mendunia, menjadi kemampuanyang memberi dampak positif dalam kehidupan, baik bagi diri pribadi, keluarga, dan masyarakat melalui ketekunan dan kerja keras," ungkap Zulfikar Dachlan selaku pendiri Manajemen Publik LPI saat menggelar Pesta Rakyat 17 Agustus 2022 di Taman Margasatwa Ragunan.

Ia menyebut, pihaknya juga akan terus memantau perkembangan Jade selama berada di Amerika Serikat. Selain menjadi sponsor, bentuk dukungan lain adalah dengan menggelar gathering dalam rangka peringatan HUT RI bertempat di Taman margasatwa Ragunan.

Di kegiatan itu, Jade Princessa hadir bersama keluarganya disertai dukungan Keluarga Besar LPI menikmati ragam permainan untuk turut merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77.

"Dukungan kecil dari manajemen dan segenap karyawan LPI untuk Jade menjadi harapan bagi LPI guna mendapat dukungan serta kolaborasi dari berbagai pihak bagi perjalanan pendidikan dan karir Jade saat ini dan masa mendatang," tuntasnya.

(kpl/gtr)

REKOMENDASI
TRENDING