SELEBRITI

Bukan Cuma Nulis Lagu Buat Coldplay, Ini 5 Lagu Karya Chris Martin yang Dipopulerkan Musisi Lain

Selasa, 14 September 2021 23:01 Penulis: Jeffrey Winanda

(c) Instagram/coldplay

Kapanlagi.com - Delapan album studio dan puluhan lagu hits yang populer di seluruh dunia adalah bukti nyata dari tangan dingin Chris Martin sebagai musisi. Ia dan band-nya Coldplay kini makin menghebohkan penikmat musik menyusul kabar akan dirilisnya single kolaborasi mereka dengan boy group K-KPOP yaitu BTS.

Sebagai seorang songwriter ulung, pentolan Coldplay yaitu Chris Martin nggak cuma piawai dalam menciptakan karya untuk band-nya sendiri. Lebih jauh lagi, musisi 44 tahun ini tercatat juga beberapa kali menulis lagu untuk dibawakan musisi lain dan berhasil booming. Apa saja?

1. HOMESICK - Dua Lipa

Selain berisi banger seperti IDGAF hingga BLOW YOUR MIND (MWAH), debut album Dua Lipa yang dirilis pada 2017 lalu juga berisi salah satu single ballad yang membuat pendengar menangis sesenggukan. Yup, single tersebut bertajuk HOMESICK yang menampilkan Chris Martin.

Dua Lipa mengatakan jika lagu ini tercipta pada saat terakhir sebelum albumnya dirilis. Saat itu dia berkesempatan bertemu Chris Martin di studio dan terciptalah single balada yang satu ini.

2. HOMECOMING - Kanye West

Sebagai seorang musisi yang memiliki influence pop dan rock, Chris Martin juga sempat menulis sebuah lagu Hip-Hop. Single HOMECOMING dari Kanye West yang dirilis pada 2007 menjadi salah satu mahakaryanya.

Kanye West menuturkan jika dirinya saat itu sedang ada di Abbey Road studio di London untuk mengerjakan theme song dari film MISSION: IMPOSSIBLE 3. Sementara itu di saat yang sama, Chris Martin berada tak jauh dari lokasi Kanye yaitu di BBC Radio 2. Kedua musisi ini akhirnya sepakat untuk bertemu dan terciptalah single ini.

3. ALL GOOD THINGS (COME TO AN END) - Nelly Furtado

Nelly Furtado dan Chris Martin sudah berteman dalam kurun waktu yang lama. Mereka bahkan sempat menghadiri gelaran MTV Video Music Awards 2005 bersama-sama.

Persahabatan dari dua musisi ini pun menghasilkan beberapa karya termasuk yang paling populer adalah single bertajuk ALL GOOD THINGS. Single yang terdapat dalam album berjudul LOOSE ini tercipta setelah mereka memutuskan untuk bertemu dan jamming sebelum akhirnya tercipta sebuah lagu ini.

4. HEAVEN - Avicii

Kabar meninggalnya produser EDM Avicii menjadi pukulan telak bagi penikmat musik dan para kerabat dekat, termasuk Chris Martin. Pentolan Coldplay ini telah menjalin hubungan baik dengan Avicii sejak mereka bekerjasama pada tahun 2014.

Dalam album posthumous Avicii yang dirilis beberapa waktu setelah kematiannya, menampilkan single kolaborasi dengan Chris Martin yang belum sempat dirilis sebelumnya. Lagu bertajuk HEAVEN ini pun menjadi penuh haru lantaran memiliki makna sendiri bagi para fans.

5. BETTER - OneRepublic

Grup musik OneRepublic merilis album bertajuk MY OH MY pada tahun 2016 lalu. Dalam salah satu treknya, terdapat single bertajuk BETTER yang turut melibatkan Chris Martin pada proses penciptaannya.

Lagu ini sendiri diciptakan Chris Martin bersama vokalis OneRepublic Ryan Tedder, Guy Berryman, Jonny Buckland, Will Champion, Brent Kutzle, hingga K'naan.

Dari beberapa single yang diciptakan Chris Martin ini, mana yang jadi favoritmu KLovers?

(kpl/jef)

Reporter: Jeffrey Winanda


REKOMENDASI
TRENDING