SELEBRITI

Cerita Cerelia Raissa, Pernah Puluhan Kali Percobaan Bunuh Diri, Idap 5 Macam Mental Illness Hingga Putuskan Berhijab

Senin, 13 Januari 2020 20:58 Penulis: Dhimas Nugraha

Cerelia Raissa ©KapanLagi.com/Sahal Fadhli

Kapanlagi.com - Banyak orang yang melihat artis hanya dari sisi kesuksesannya saja. Namun dibalik itu semua, banyak kisah yang tak banyak orang tahu dari kehidupan para artis, seperti yang diceritakan oleh bintang FTV Cerelia Raissa.

Sejak usia 5 tahun, artis berusia 21 tahun itu sudah merasa sendirian, sedih dan selalu memiliki pikiran kalau dirinya tak pernah bahagia. Setelah agak dewasa, Cerelia memutuskan untuk mendatangi seorang psikiater seorang diri.

1. Idap Mental Illness

Berbulan-bulan lamanya bolak balik ke psikiater, akhirnya diketahuilah kalau dirinya mengidap mental illness. Tak main-main ada 5 macam, yakni Bipolar Disorder, Anxiety Disorder, Borderline Personality Disorder (BPD), Binge Eating Disorder dan Anorexia Disorder.

"Akhirnya memberanikan diri saat SMP, aku google cari tahu harus gimana, akhirnya nemu psikolog, terus dirujuk ke psikiater terus didiagnosa awalnya cuma depresi, tapi ada gejala aneh yang harus dilihat perkembangannya selama berbulan-bulan dan selama berbulan-bulan aku dilihat dinyatakan semua itu," ucapnya saat dijumpai di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, Minggu (12/1).

2. Coba Bunuh Diri

Dari penyakitnya itu, Cerelia Raissa bahkan pernah ribuan kali berpikir untuk melakukan percobaan bunuh diri. Namun, yang benar-benar dijalankannya niatan itu hanya puluhan kali saja dan itu terjadi sejak dirinya masih berusia 5 tahun.

"Dari gantung diri, loncat dari gedung, pisau, cutting di tangan, pisau di bagian jantung, sama od (Over Dosis). Dulu aku cutting SD karena terlalu ngerasa sedih dan sakit hati aku dihilangin dengan sakit fisik, itu SD. SMP mulai lagi, SMA stop karena mulai dewasa tapi sempet kumat di 18,19,20 terus ada kumat-kumatnya karena berantem sama orang, pokoknya ada trigger," katanya.

3. Digagalkan Oleh Sahabat

Nyawa Cerelia Raissa masih terselamatkan dan masih hidup saat ini lantaran percobaan yang dilakukannya selalu digagalkan oleh sahabatnya tepat sebelum momentum terjadi.

"Tiap kali aku mau bunuh diri alhamdullillah banget temen aku selalu datang, selalu aja, aku udah gantung diri, talinya udah di leher temen masuk ke dalam kamar, aku mau loncat dari apartemen, balkon, temen dateng, saat pisau sudah di jantung, tinggal tekan doang, temen aku dateng, jadi emang kayak belum waktunya untuk meninggal sih," paparnya.

4. Hidup Pesta dan Ketergantungan Alkohol

Setelah dewasa dan menjadi artis, Cerelia Raissa terjerumus oleh kenikmatan dunia. Dia mulai menenggak minuman keras hingga berujung pada ketergantungan dirinya akan alkohol. Setiap hari, hidupnya selalu tentang party dan mabuk mabukan.

"Dulu bahkan aku gak bisa tidur kalau belum minum alkohol, jadi selalu minum tiap hari, party hard, tiap hari isinya minum malem sampe pagi, tidur sampe siang, hangover, makan, dinner terus drink sampai pagi, tiap hari kayak gitu, yang haram memang nyaman," ujarnya.

5. Memutuskan Berhenti dan Berhijab

Tapi Cerelia Raissa bersyukur, semua itu kini sudah ditinggalkannya. Dia memutuskan untuk berhijab dan meninggalkan kehidupan kelamnya, meski semua itu tak mudah, sebab banyak risiko yang harus dihadapi karena job yang pastinya berkurang.

"Banyak banget (cobaan setelah berhijab), selama 3 bulan ujian, aku dikasih sinetron banyak banget, film layar lebar yang aku impi-impikan, terus sinetron lebih dari 5 aku tolak-tolakin, karna aku bener-bener pengen hijrah," katanya.

"Menyusun kembali aku ikhtiar, dengan 1 FTV gak mungkin bisa memenuhi semua kebutuhan, akhirnya aku buka online shop, aku part time marketing terus aku juga lagi banyak endorse yang masuk dan lagi menawarkan endorse ke online shop," pungkasnya.

REKOMENDASI
TRENDING