Cerita Yolanda, Gadis Penerjemah yang Setia Temani Artis-Artis India

Jum'at, 29 September 2017 15:11 Penulis: Mahardi Eka
Cerita Yolanda, Gadis Penerjemah yang Setia Temani Artis-Artis India Fikri Alfi Rosyadi

Kapanlagi.com - Penulis: Fikri Alfi Rosyadi

ANTV salah satu stasiun televisi yang sering menayangkan drama serial India. Hampir setiap hari, serial India hadir menemani pemirsa di rumah. Sejak bulan Juli hingga September 2017, ada beberapa judul serial India yang hadir di ANTV. Seperti, BIDAAI, NAKUSHA, MADHUBALA, JAMAI RAJA, RANGRASIYA, dan THAPKI Season 2.

Mempunyai jalan cerita cukup menarik menjadi salah satu alasan banyak orang menonton serial India di ANTV. Bahkan, karena sering ditonton banyak orang ada serial India yang berkelanjutan, yakni THAPKI Season 2. Bukan hanya itu saja, selain menghadirkan serial India, ANTV juga sering memberikan 'hadiah' kepada penonton setia serial India.

Hampir setiap bulan, ANTV menghadirkan langsung para pemain yang bermain di dalam serial India. Tak tanggung tanggung, biasanya ANTV langsung memborong sejumlah pemain serial India untuk datang ke Indonesia. Ada sejumlah artis India yang pernah menginjakkan kakinya di Indonesia, sebut saja Digangana Suryavanshi, Mrunal Thakur, Vishal Karwal, Ravi Dubey, dan Ankit Bathla.

Kehadiran artis-artis India di Indonesia bukan hanya bertemu langsung dengan penggemarnya di Tanah Air. Terkadang, mereka juga melakukan promosi serialnya, di acara ANTV seperti Pesbukers. Biasanya, artis-artis India juga ikut bermain ke dalam acara tersebut.

Namun, di balik kehadiran bintang-bintang India ke Indonesia, tentu banyak yang bertanya-tanya. Bagaimana artis-artis India itu bisa langsung klop ketika mereka mengisi acara yang ada di ANTV, seperti Pesbukers. Padahal, dalam waktu yang singkat, artis India tidak mungkin langsung bisa berinteraksi dengan tim produksi ANTV maupun artis-artis Indonesia.

Apalagi, cara bicara antara artis India dan tim produksi maupun artis Indonesia memiliki bahasa yang berbeda. Yang menarik mengenai bahasa, tak sedikit artis India fasih dengan bahasa Inggris untuk berkomunikasi langsung dengan tim ANTV maupun artis Indonesia.

Begitupun sebaliknya, tidak sedikit artis Indonesia maupun tim ANTV yang sudah fasih berbicara dengan bahasa Inggris. Apalagi, bahasa Inggris sudah menjadi bahasa umum bagi turis yang datang ke Indonesia. Sehingga, artis Indonesia maupun Tim Produksi ANTV sangat mudah berbicara dengan artis India.

Namun, walaupun bahasa inggris sudah dianggap bahasa paling umum, artis India juga harus diberikan pendamping. Sebab, banyak kata yang belum dimengerti oleh artis-artis India yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.

Penerjemah bahasa, sangatlah penting bagi artis India. Bagi yang mengerti menggunakan bahasa Inggris, memang sangatlah mudah. Namun, yang ditakuti adalah ketika artis India berinteraksi dengan orang-orang yang tidak terlalu mengerti dengan memakai bahasa Inggris.

Yolanda Hadiana Fiska atau yang akrab disapa Yolan misalnya, sudah beberapa tahun belakangan ini, dia bekerja sebagai Liaison Office (LO) di ANTV. Pekerjaan tersebut dia ambil untuk mengisi waktu luang sebelum meneruskan pendidikannya di Jerman. "Jadi aku apply kasih cv dan interview di ANTV," kata Yolan kepada Kapanlagi.com

Selama bekerja sebagai Liaison Office, dia ditugaskan untuk menemani artis-artis India yang datang ke Indonesia. Biasanya, Yolan bertugas sebagai penerjemah artis-artis India yang tak mengerti bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.

"Sistem kerjanya itu, jadi kami para LO (Liaison Office) membantu si artis buat komunikasi sama orang-orang produksi, terutama ANTV," katanya.

Selain itu, Yolan juga sering kali membantu artis-artis India yang tengah melakukan syuting sinetron maupun program di ANTV. Apalagi, kebanyakan artis-artis India yang datang ke Indonesia, kebanyakan bertemu penggemar sekaligus promosi serial India yang mereka bintangi.

"Kalau shooting, kami bantu translate apa yang sutradara bilang, dan koordinasi jam selesainya biar artisnya bisa ke acara lain kayak Pesbukers dan nggak telat,"

"Lalu kalau di ANTV, kami bantu nyiapin artisnya untuk pilih kostum, briefing mereka ada di segmen berapa aja, kadang bantuin juga kalo ada fans banyak dan rusuh. Intinya membantu menyampaikan pesan dari dua pihak (artis dan orang-orang ANTV sama produksi yang terkait)," sambung Yolan.

Sudah 13 artis India yang dibantu Yolan sejak menjadi Liaison Office di ANTV, seperti Digangana Suryavanshi, Mrunal Thakur, Vishal Karwal, Ravi Dubey, dan Ankit Bathla. Dari artis-artis tersebut, ternyata mempunyai cerita sendiri bagi Yolan disaat menemani sebagai penerjemah bahasa.

"Yang paling seneng itu Mrunal Thakur. Paling betah di Indonesia kayaknya Mrunal sama Ankit. Tapi yang paling ribet itu Digangana Suryavanshi karena dia bawa emaknya, which is ribet banget. Berasa ngurusin dua artis," ujar Yolan.

Yang menarik, obrolan antara Yolan dengan artis-artis India bukanlah tentang kuliner maupun soal Indonesia. Biasanya, kebanyakan artis luar ke Indonesia, yang banyak diperbincangkan adalah kuliner. Apalagi, di Indonesia benyak sekali macam kuliner yang mudah didapat.

"Artis India biasanya kalo seneng ngobrolin ada issue apa baru-baru ini, trus ngobrolin hal-hal berkaitan ANTV. Kayak Pesbukers, artis-artis lain, sama ada berita apa tentang mereka sendiri," kata wanita kelahiran Kudus itu.

Bahkan, dari sejumlah artis India yang pernah dia temani untuk menjadi penerjemah, sebagian besar menjadi sahabat baik. Menurut wanita 20 tahun itu, ada artis India yang sangat dekat, bahkan sudah dianggap sebagai kakak sendiri.

"Dari semuanya aku paling suka dan akrab sama Mrunal Thakur, dia udah kayak kakak sendiri, pas dia pulang pun aku nangis, padahal cuma dua bulan LO-in dia. Sampai sekarang pun masih sering vidcall atau chattingan. Seneng aja dapet temen baru," tutur Yolan.

Selain Mrunal Thakur, Yolan mengaku, ada beberapa artis India masih berkomunikasi langsung walaupun mereka sudah balik ke negara asalnya. "Iya masih (berhubungan baik). Kecuali Digangana aja nggak pernah komunikasi lagi, selebihnya masih," ungkap Yolan.

Bagi Yolan, selama mengikuti kegiatan artis-artis India di Indonesia, banyak sekali pengalaman baru yang didapat. Selain itu, dia juga akan menjadi lebih tahu bagaimana sifat dan karakter dari artis-artis India yang datang ke Indonesia.

"Yang didapat pasti pengalaman, koneksi, sama kayak pelajaran gimana caranya kita menanggapi orang yang sifatnya berbeda-beda. Apalagi artis India kan kadang suka minta treatmentnya beda-beda," tutupnya.




(kpl/far/dka)

Editor:

Mahardi Eka


REKOMENDASI
TRENDING