Chef Vindex Bawa Sepotong Kecil Singapura ke Dapurmu, Hadirkan Kuliner Khas yang Otentik Banget

Kamis, 26 Agustus 2021 09:11 Penulis: Wuri Anggarini
Chef Vindex Bawa Sepotong Kecil Singapura ke Dapurmu, Hadirkan Kuliner Khas yang Otentik Banget Credit: Vidio

Kapanlagi.com - Kangen Singapura sudah makin terasa nih, mengingat sudah lebih dari satu setangah tahun nggak bisa berkunjung ke Negeri Singa tersebut. Mungkin banyak dari kamu yang sudah banyak posting throwback moment saat jalan-jalan ke Singapura di berbagai media sosial. Saat ketemu foto makanan khas Singapura, langsung deh berasa kangen yang bikin jadi ngiler.

Rasa kangen yang nggak tertahankan memang bikin ingin segera balik lagi ke Singapura. Tapi sabar dulu. Buat mengobati rasa rindu, Chef Vindex bawa sepotong kecil Singapura langsung ke dapurmu dengan menghadirkan kuliner khas Negeri Singa yang otentik lewat KapanLagi SingapoReimagine Foodies Cooking Class yang berlangsung pada Senin (23/08/2021) lalu.

Cooking Class yang digelar KapanLagi bersama Singapore Tourism Board ini merupakan program virtual cooking demo yang menjadi bagian dari rangkaian kemeriahan Singapore Food Festival 2021 yang berlangsung pada 27 Agustus - 12 September 2021 dengan menghadirkan berbagai tenant dan partner kuliner Singapura.

Ada 2 menu khas Singapura yang dimasak Chef Vindex dalam cooking class ini. Penasaran? Baca artikelnya sampai selesai, KLovers!

Hainanese Chicken Rice, Menu Simpel Dengan Teknik Masak Khusus

Credit: VidioCredit: Vidio

Menu pertama yang dihadirkan Chef Vindex dalam cooking class tersebut adalah Hainanese Chicken Rice. Sambil mempersiapkan bahan-bahannya, Chef Vindex bercerita kalau ia mungkin pertama kali mengenal makanan ini sejak 20 tahun lalu.

Dikenal dengan sebutan Nasi Ayam Hainan di Indonesia, Chef Vindex menjelaskan apa yang khas dari menu yang satu ini.

“Main focus-nya adalah ayam yang sebenarnya menggunakan ayam khusus, dari Hainan yang memiliki daging berwarna kuning. Kalau di sini kita pakai ayam pejantan, bukan boiler. Yang penting adalah kesegaran ayamnya, kulitnya jangan sampai ada yang sobek atau biru-biru,” jelas Chef Vindex.

Menu ini sebenarnya cukup simpel, tapi Chef Vindex menekankan tentang teknik memasak yaitu saat poached ayam agar bisa menghadirkan cita rasa ayam yang empuk dan lembut.

“Perlu panci yang cukup tinggi untuk poached agar terendam dan bagian dada tidak menyentuh bagian bawahnya supaya tidak kering dan ayam tetap lembut,” lanjutnya.

Saat melakukan poached chicken pun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Masukkan ayam ke dalam air rebusan jahe, daun bawang, minyak wijen, dan garam dengan cara mencelupkannya selama beberapa kali.

“Setelah dicelup-celup beberapa kali, masukkan ayam dan pastikan dada di bagian atas karena bagian ini yang paling cepat matang. Setelah itu tutup panci dan tunggu hingga 45 menit di api kecil. Jangan buka-buka panci, harus dimasak sampai selesai supaya panasnya tetap terjaga. Nanti dicek dengan cara menusuk daging ayam, kalau juicy-nya berwarna bening keluar, tandanya sudah matang. Tapi kalau masih berwarna kemerahan tutup lagi selama 5 menit,” jelas Chef Vindex di sela proses memasak.

Sambil menunggu ayam matang, Chef Vindex memasak nasi yang menemani sajian yang satu ini. Chef Vindex sendiri memilih Jasmine Rice, tapi sebenarnya juga bisa diganti dengan beras lain yang bentuknya panjang. Hal ini penting karena beras panjang memiliki tekstur yang mudah terurai jika dibandingkan dengan beras bulat yang cenderung lengket.

Saat ditanya rekomendasi Nasi Ayam Hainan yang recommended di Singapura, Chef Vindex mengaku kalau rekomendasinya cukup banyak. Seperti di Tiong Bahru, Chinatown, dan Newton Food Court yang sudah pasti ada dan kamu bisa menemukan kuliner halal dengan mudah di sana.

Bawa Pulang Cita Rasa Chili Crab Khas Singapura ke Rumah

Credit: VidioCredit: Vidio

Selesai memasak Nasi Ayam Hainan, Chef Vindex masih berbagi resep dan rahasia menyajikan Chili Crab khas Singapura ke rumahmu. Menu yang satu ini sebenarnya terbilang lebih mudah dan cepat jika dibandingkan Nasi Ayam Hainan. Namun, mengolah kepiting cukup tricky dan jadi rahasia kelezatan masakan tersebut.

“Pemilihan kepiting yang paling penting, harus yang fresh jadi harus kepiting hidup. Kalau suka daging bisa pilih yang jantan. Tapi kalau lebih suka telur pilih yang betina. Kepiting ini boleh dibeli sehari sebelumnya tapi begitu di rumah harus segera dikukus 10-15 menit agar dagingnya nggak berkerut,” terang Chef Vindex.

Saat menikmati Chili Crab sendiri, hidangan ini biasanya akan didampingi oleh roti mantau. Saat ditanya apakah bisa diganti dengan roti yang lain, Chef Vindex menyebutkan tekstur mantau yang paling cocok untuk masakan yang satu ini.

“Hidangan ini sebenarnya cenderung rich, kaya bumbu. Kita butuh roti yang plain, jadi saat dicelup ke kuah ini bisa ikut meresap dan nggak mengubah rasa. Kalau mau ganti mungkin bisa pakai bakpao yang nggak ada isinya. Jadi hanya pakai mantau atau bakpao,” jelasnya kemudian.

Kangen Singapura, Audiens Banyak yang Aktif di Sesi Tanya Jawab

Credit: VidioCredit: Vidio

Cooking Class berlangsung dengan seru banget. Selain bisa menyaksikan langsung Chef Vindex mengolah makanan khas Negeri Singa, audiens juga aktif berpartisipasi dalam sesi tanya jawab. Di sesi pertama, ada ketiga pemenang digital activity di Instagram KapanLagi.com yang ikutan ngobrol bersama Chef Vindex. Mereka adalah Silvia Meyer, Nurul Anggreini, dan Indri Kurniawan yang juga mendapatkan kesempatan on cam di cooking class tersebut.

Ketiganya membagikan cerita kerinduan terhadap Singapura dan apa yang ingin dilakukan saat bisa kembali ke sana.

"Aku pengen banget ngerasain serunya Singapura, jadi aku mau cari kuliner di di Kampong Gelam. Aku juga pengen cari spot Instagramable karena aku hobi foto-foto. Terus aku juga pengen banget ke Tiong Bahru,” cerita Silvia.

Singapore Food Festival, Selalu Berkesan Bagi Chef Vindex

Credit: VidioCredit: Vidio

Menyambut kemeriahan Singapore Food Festival 2021 yang digelar secara hybrid tahun ini, Chef Vindex pun menceritakan bagaimana event tersebut selalu berkesan setiap tahunnya dari kacamata seorang chef.

“Kalau buat saya karena saya chef, jadi culinary experience yang saya cari. Itu yang membuat kita kangen. Jadi gini, hampir semua food show yang ada di Singapore itu hampir semua chef ada di sana. Jadi semacam ajang reuni. Itu yang dirindukan,” cerita Chef Vindex.

Khusus tahun ini, chef yang sudah berkecimpung selama 31 tahun dalam dunia kuliner tersebut dibuat amazed dengan kehadiran Singapore Food Festival Box yang ternyata punya isi menarik.

“Ini menarik ya karena dibuat khas Singapore seperti cookies rasa nasi lemak, beberapa macem kopi juga ada tinggal seduh. Berasa Singapura banget ya. Yang unik semacam tahu dibikin keripik lalu diberi andaliman. Ada juga granola rasa kopi. Menarik banget. Inovasi ini diperlukan karena boleh dibilang kuliner itu diplomasi yang nggak ada habisnya. Jadi obat rindu traveling lewat makanan,” ungkapnya.

Wisata Kuliner Singapura dari Rumah Lebih Menyenangkan dengan GoFood

Singapore Tourism Board (STB) berkolaborasi dengan GoFood untuk menghadirkan kelezatan citarasa kuliner Singapura di rumah kepada masyarakat di Jabodetabek dan Surabaya. Ada promosi khusus lho untuk kamu yang order makanan dari merchant yang menawarkan ribuan menu hidangan khas Singapura dari lebih dari 300 resto di GoFood seperti: Old Chang Kee, Ya Kun Kaya Toast, Wee Nam Kee, Song Fa Bak Kut Teh, dan masih banyak lagi. Semua bisa kamu nikmati dari 27 Agustus - 12 September 2021.

Cara mencicipi beragam sajian di Singapore Food Festival gampang banget dengan langkah berikut:

  • Buka aplikasi Gojek, buka halaman utama GoFood
  • Temukan banner Singapore Food Festival
  • Pilih resto, pilih menu, langsung pesan

Semudah order menu biasanya kan?

Yang lebih menarik lagi, setiap pesanan kamu di resto yang berpartisipasi di Singapore GoFood Festival, kamu akan dapat kesempatan memenangkan hadiah voucher GoFood belasan juta rupiah lho! Semakin banyak kamu berbelanja, maka semakin besar kesempatan kamu mendapatkan voucher GoFood! Tunggu apalagi, pesan GoFood sekarang!

 

 

 

(kpl/wri)

Editor:

Wuri Anggarini


REKOMENDASI
TRENDING