SELEBRITI

Dalam Sidang Pembuktian Aliff Alli Beberkan Foto Bersama Pria Lain, Nuning Irpana Ungkap Kejanggalan

Rabu, 11 Agustus 2021 19:32 Penulis: Gogor Subyakto

Aliff Alli. © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Sidang pembatalan pernikahan yang diajukan Aliff Alli dengan termohon bernama Nuning Irpana kembali digelar di Pengadilan Agama Jakarta Pusat. Dalam sidang dengan agenda pembuktian dari Aliff selaku pemohon, kuasa hukum dari Nuning merasa ada unsur main-main.

Pernyataan tersebut bukan tanpa alasan. Pasalnya dalam pembuktian, sudah seharusnya Aliff Alli dan kuasa hukum menyiapkan dengan matang. Bukan malah meminta waktu lagi untuk memberi bukti tambahan yang kemudian ditolak oleh majelis hakim.

"Tadi pihak pemohon hanya memberikan bukti tertulis, foto dan tidak mengambil kesempatan memberikan saksi yang menjadi kewenangan dia. Setelah pemohon memberi bukti, mereka meminta waktu satu minggu lagi untuk mengajukan bukti tambahan," kata Manto selaku kuasa hukum Nuning saat ditemui usai sidang, Selasa (10/8/2021).

"Melihat dia kurang bukti segala macam, harusnya ketika mengajukan permohonan pembatalan nikah harus sudah disiapkan sesuai apa yang didalilkan. Ketika sudah sidang mereka ajukan permohonan (bukti tambahan), terkesan kayak main-main. Kayak coba-coba. Saya melihatnya seperti itu," lanjut Manto.

1. Bukti yang Dipaksakan

Dalam sidang pembuktian, kuasa hukum Aliff Alli membeberkan keterangan dari instansi yang memberi bukti pernikahan tidak tercatat. Lalu foto Nuning dengan seorang pria yang dianggap tidak boleh ada jika bersuamikan Aliff.

"Terkait foto-foto kedekatan ibu Nuning dengan pasangan, itu artinya kalau benar ada pernikahan (dengan Aliff), tentunya hal tersebut tidak ada. Ya itu kita lihat proses persidangan. Tergantung hasilnya nanti seperti apa," papar Rayendra Ashwandana, kuasa hukum Aliff, ditemui di tempat yang sama dalam sesi wawancara berbeda.

Menanggapi foto itu, pihak Nuning jelas bingung lantaran merasa bukti terlalu dipaksakan. Menurutnya, berfoto dengan pria tak lantas disebut memiliki hubungan.

"Ada bukti foto. Foto yang mempunyai asumsi bahwa Mbak Nuning ini sudah punya pria lain, tanpa menunjukkan apakah pria itu memang pasangannya atau bukan. Apakah kalau foto berdampingan menunjukkan memiliki hubungan? Kan tidak," ucap Manto.

"Foto itu sebelum mengenal Pak Aliff. Hanya duduk di ruangan. Itu juga ada foto yang nggak bareng," tambah Nuning.

2. Istri Yang Tak Diakui

Seperti diberitakan sebelumnya, Nuning Irpana mengaku istri pertama dari Aliff Alli yang dinikahi pada tahun 2011. Hanya saja setelah prosesi akad, ia langsung ditinggal pergi oleh pihak laki-laki.

Bertahun-tahun berlalu, keduanya dipertemukan saat Nuning menjadi saksi dalam sidang isbat nikah dan permohonan cerai talak yang diajukan Aliff dengan termohon Aska Ongi. Ketika Nuning jadi saksi itulah Aliff mengajukan sidang pembatalan perkawinan.

Nuning sendiri tidak ingin pernikahan dengan Aliff yang tercatat di KUA Cilandak, Jakarta Selatan, dibatalkan. Wanita tersebut lebih memilih untuk diceraikan saja, walau sang suami tak mengakui pernikahan mereka pernah terjadi.


REKOMENDASI
TRENDING