SELEBRITI

Denada Unggah Foto 2 Tahun Lalu, Curhat Perjuangannya Dampingi Aisha Melawan Kanker

Selasa, 09 Juni 2020 16:01

Denada © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Denada mengunggah sebuah foto penuh kenangan yang diambil tepat dua tahun yang lalu di akun Instagram pribadinya. Menyertai foto yang menampilkan Denada sedang memeluk Aisha di atas ranjang rumah sakit ini terlampir kisah perjuangan seorang ibu mendampingi putrinya dalam melawan kanker.

"Foto dari 2 tahun lalu. Beberapa hari terakhir ini sebenernya agak mellow. Menjelang hari ini, muncul foto-foto memories dari 2 taun lalu di hp ku," tulis Denada mengawali curhatnya.

1. Hari Pertama di Rumah Sakit

Foto ini diambil pada tanggal 9 Juni 2018, tepat dua tahun yang lalu. Pada hari itu, Denada membawa Aisha ke Singapura untuk menjalani perawatan kanker di sebuah rumah sakit khusus anak.

"Hari ini, tepat 2 tahun lalu, di bulan Ramadan, sekitar jam 8 pagi kami mendarat di Bandara Changi. Keluar dari bandara, kami langsung menuju Viva University Children’s Cancer Centre, di NUH. Aku inget banget waktu pertama kali baca tulisan itu di dinding RS 2 taun lalu, hati ku seperti remuk rasanya. 'Children’s Cancer Centre'. Anakku kanker," ungkapnya.

2. Awal Perjuangan

Di awal masa perawatan Aisha, Denada merasakan beban mental yang harus ditanggungnya. Namun, ia tidak pernah menunjukkan perasaannya ini di hadapan putri tercintanya yang sedang berjuang melawan kanker.

"Aku masih inget semua perasaanku hari itu. Ketakutanku, bingung, ga percaya rasanya. Lelah fisik karena sudah semingguan hampir ga tidur tiap malam, lelah mental sudah pasti. Ga berenti rasanya aku nangis hari itu, walaupun selalu ngumpet-ngumpet dari Aisha. Hari itu, aku betul-betul ga kepikir, gimana caranya aku akan mampu melalui hari-hari di depan kami ini. Ga kebayang gimana," kenang Denada.

3. Lalui Cobaan

Setelah melalui perjalanan panjang selama dua tahun, Denada masih merasakan kekhawatiran yang sama. Tetapi perkembangan kondisi kesehatan Aisha selalu menguatkannya untuk terus bertahan.

"Dan di sini lah kita sekarang. 6 Juni 2020. Tepat 2 tahun setelahnya. Ga mudah perjalanannya emang, sangat amat berat kadang. Aku pun masih takut dan khawatir. Masih ga tau gimana ngadepin masa depan, bulan depan, minggu depan. Aku masih pelan-pelan menjalani satu hari demi satu hari. Tapi aku liat Aisha semalem, dia pake baju baru, nari-nari sambil ketawa-ketawa, dan aku bilang dalem hati, 'aku mau protes apa lagi?' Situasi ini emang ga ideal, tapi Alhamdulillah kami baik-baik aja. Kami udah melalui 2 tahun. Biarpun dengan segala naik turunnya, Alhamdulillah toh terlewati juga. Mungkin perjuangan belum selesai, tapi insya Allah yang terberat sudah terlewati. (Aamiin!)," tuturnya.

4. Selalu Bersyukur

Belajar dari pengalaman hidupnya yang penuh suka duka, Denada mengaku tak henti-hentinya bersyukur atas segala yang dilaluinya.

"Semalem, waktu mau bobo, aku pelukin Aisha. My heart is full. We are ok. Alasan buat ku komplen pasti ada aja, tapi lebih banyak alasan yang bikin aku harus bersyukur. One day, at a time. Alhamdulillah untuk hari ini dulu aja, bismillah lagi untuk besok," pungkasnya.


REKOMENDASI
TRENDING