Empat Tahun Derita Bulimia, Tina Toonita Takut Mati

Kamis, 28 Agustus 2014 15:46 Penulis: Wulan Noviarina
Empat Tahun Derita Bulimia, Tina Toonita Takut Mati @KapanLagi.com®
Kapanlagi.com - Ada banyak hal yang membuat Tina Toonita akhirnya memutuskan untuk berhenti dari kebiasaannya memuntahkan makanan yang sudah ia telan. Selama empat tahun, kebiasaan itu membuatnya terkena bulimia dan ia ingin sembuh.

Tidak hanya faktor dukungan dari keluarga yang membuat Tina ingin bebas dari bulimia. Tapi ia juga mengaku takut mati kalau terus menerus melakukan kebiasaan buruk itu.

"Parah akut. Dari umur 17 sampai 20. Sampai akhirnya mulai takut. Aku harus stop. Atau gak, life or die. Mungkin nggak akan terasa, tapi beda. Aku kayak orang gila. Sempet 1,5 tahun nggak pernah mau ke pesta. Karena mau makan atau nggak. Kalau makan harus ada toilet (untuk muntah)," ujar Tina saat ditemui di peluncuran bukunya, Tina: Metamorfosis Yang Menakjubkan Seorang Toon, Rabu, (27/8).

Tina sendiri lahir dengan berat badan besar, sekitar 4 kg, dan keluarganya memang memiliki bakat gemuk. Itulah yang makin mendorongnya untuk menurunkan berat badan.

Tina Toon alami bulimia selama empat tahun. @KapanLagi.com®Tina Toon alami bulimia selama empat tahun. @KapanLagi.com®

Tapi ia menyadari, bahwa bulimia tidak bisa membantunya untuk menurunkan berat badan dengan sehat. Yang ada, ia malah tersiksa karena tak bisa bersosialisasi dengan normal, bahkan ia harus merahasiakan apa yang ia alami kepada keluarganya sendiri.

Siksaan itulah yang membuatnya ingin berbagi ke semua orang. Karena saat mengalami bulimia, Tina sendiri sempat berpikir bahwa itu adalah sebuah hal yang gila.

Lewat buku tentang hidupnya selama ini, Tina ingin berbagi beberapa hal. Banyak rahasia yang tak banyak diketahui orang lain, yang ia harap bisa jadi motivasi untuk semuanya.

(kpl/hen/phi)

Editor:

Wulan Noviarina


REKOMENDASI
TRENDING