SELEBRITI

Gak Banyak Orang Tahu, Ini Sejarah Asli Sheila On 7 yang Anggota Pertamanya Eross dan Anton

Sabtu, 21 Maret 2020 16:03 Penulis: Canda Dian Permana

Sejarah Sheila On 7 © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya/Instagram/anton_jgj

Kapanlagi.com - Menjadi band pop papan atas seperti saat ini, tentu Sheila On 7 memiliki kisah perjalanan tersendiri yang turut mengantarkan nama mereka sebesar sekarang. Mulai dari pergantian personil, sampai kisah pilu mereka saat mengawali karier tentu juga dirasakan oleh Sheila On 7.

Melalui kanal program Youtube channel medcom.id, kisah awal mula terbentuknya Sheila On 7 diceritakan ulang oleh Anton Widiastanto yang tak lain adalah mantan drummer grup musik asal Yogyakarta tersebut.

 

1. Terbentuk Pada tahun 1996

Dibentuk pada medio tahun 1996 silam, awalnya band ini diprakarsai oleh Erros dan Anton. Saat itu, Anton yang hanya bermusik bersama teman-teman sekolahnya tertantang untuk lebih serius lagi terjun di dunia musik dan meminang ajakan dari Erros untuk membentuk sebuah band.

Dari situlah mereka berdua akhirnya berkenalan dengan Sakti yang saat ini telah berstatus sebagai mantan personil Sheila On 7. Awal perjumpaan mereka diisi dengan jamming beberapa lagu yang sedang ngetrend saat itu seperti Oasis, U2, hingga Bon Jovi.

Merasa kurang lengkap, mereka bertiga akhirnya mengajak Adam, yang tak lain adalah teman masa kecil Sakti untuk mengisisi posisi bassist. Beberapa panggung festival mulai dijajal oleh mereka dengan Sakti yang diberikan tanggung jawab untuk mengisi vokal.

2. Sabet Gelar Juara

Skill dari masing-masing player yang mumpuni membuat grup ini menyabet banyak gelar juara dari kompetisi-kompetisi ngeband yang mereka ikuti. Demi melebarkan komposisi musikalitas, mereka akhirnya menambahkan instrumen keyboard, dua orang vokalis wanita, dan satu orang vokalis pria yang kini kita semua kenal dengan sapaan Duta.

Diberi nama Sheila Gank, band ini semakin sering untuk tampil di banyak festival-festival musik dan mulai mendapatkan penggemarnya. Hingga akhirnya salah satu program radio Geronimo FM kian melambungkan nama mereka.

3. Kirimkan Demo Lagu

Diminta untuk mengirimkan demo lagu, saat itu Sheila Gank memutuskan untuk merekam lagu berjudul Kita sebagai lagu demo mereka. Tak butuh waktu lama bagi lagu tersebut untuk disukai oleh para pendengar dan sering direkues di seluruh Indonesia.

Saat itu beberapa label rekaman besar mulai melirik potensi yang dimiliki oleh grup asal Yogyakarta ini. Pihak Sony Music bergerak cepat untuk mengamankan tanda tangan band ini.

Debut album mereka akhirnya rilis di tahun 1999 dengan tajuk Sheila On 7. Judul album tersebut sekaligus sebagai penanada jika nama band mereka yang sebelumnya Sheila Gank telah bertransformasi menjadi Sheila On 7.

4. Anton Keluar Pada Tahun 2004

Anton Widiastanto sendiri telah keluar dari band setelah mereka menelurkan album kelima mereka Pejantan Tangguh medio tahun 2004. Posisinya kemudian digantikan oleh Brian Kresna Putro hingga hari ini.

Menyusul Anton, Sakti juga telah mengundurkan diri pada tahun 2006 silam. Praktis kini tinggal Erros Chandra sebagai pendiri band yang masih bertahan di Sheila On 7.

Nyaman dengan formasi 4 orang, hingga kini Sheila On 7 telah berhasil menelurkan sembilan studio album yang membuat nama mereka bertengger di jajaran grup musik papan atas Indonesia.


REKOMENDASI
TRENDING