Gelar Injak Tanah, Anak Reisa Broto Asmoro Pilih Stetoskop

Sabtu, 26 Desember 2015 22:15 Penulis: Helmi Romadhon
Gelar Injak Tanah, Anak Reisa Broto Asmoro Pilih Stetoskop Reisa Broto Asmoro @ KapanLagi.com/Budy Santoso
Kapanlagi.com - Sebagai keluarga keturunan Ningrat, Reisa Broto Asmoro dan Tedjodinigrat Broto Asmoro masih mempertahankan tradisi budaya Jawa. Sabtu (26/12) tadi acara Tedak Siten atau Turun Tanah digelar untuk anak pertamanya RR Ramania Putri Brotoasmoro yang baru berusia 7 bulan.

Acara berlangsung dengan lancar, meriah, dan kental dengan adat Jawa. Berbagai prosesi cukup panjang mereka jalankan, mulai dari siraman hingga sawer uang receh.

Dalam tradisi tersebut, ada juga prosesi memilih barang dalam kurungan ayam yang mitosnya dapat memprediksi masa depan sang anak. Dalam prosesi pilih barang tersebut, Reisa juga ikut menemani putri tercintanya masuk dalam kurungan.

Reisa Kartikasari gelar acara injak tanah untuk anaknya @ KapanLagi.com/Hendra GunawanReisa Kartikasari gelar acara injak tanah untuk anaknya @ KapanLagi.com/Hendra Gunawan

"Ini pertama dia injek bumi. Ada maknanya, dia injek jaddah, ada warnanya melambangkan kehidupan. Ada siraman juga, milih barang, ada banyak barangnya yang diambil," ujar Puteri Indonesia Lingkungan 2010 ini di kediamanya di kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Sabtu (26/12).

Sebanyak empat barang dipilih Ramania, mulai dari gitar, cermin, globe hingga stetoskop. "Ada musik dia milih gitar, kaca sama globe. Terus gak lupa stetoskop," jelasnya. 

Ada cerita menarik sebelum Ramania memilih stetoskop. "Tadi ambil stetoskop juga, padahal tadi udah dijauhin, eh dipilih juga. Ada bintang, uang dan lain-lain padahal tapi tetep aja," tandasnya.

(kpl/hen/mhr)

Editor:

Helmi Romadhon

REKOMENDASI
TRENDING