Hadiri HP | FIMELA Family Day, Mona Ratuliu Bagikan Rahasia Mengasuh Anak

Senin, 28 Oktober 2019 19:23 Penulis: Iwan Tantomi
Hadiri HP | FIMELA Family Day, Mona Ratuliu Bagikan Rahasia Mengasuh Anak ©HP | FIMELA

Kapanlagi.com - Jarang terdengar di dunia hiburan, Mona Ratuliu rupanya tengah fokus mengurus keluarga. Lewat event HP | FIMELA Family Day, Mona membagikan strategi parenting yang tepat untuk buah hati di rumah. Menurutnya, penerapan teknologi penting dilakukan untuk mendukung  proses belajar anak di era serba digital sekarang ini.

Istri aktor Indra Brasco itu pun mengungkapkan jika ia memiliki strategi khusus, agar anak lebih kreatif dan terampil di rumah. Meski nggak semudah yang dibayangkan, tetapi Mona meyakini jika peran orangtua dalam memberikan ide-ide kreatif sekaligus disiplin, bakal bisa menghasilkan beragam aktivitas menarik bagi anak.

"Salah satu cara dan strateginya ialah memadukan dunia digital dengan printing ke anak. Jadi mereka bisa bermain sembari belajar," ujar Mona.

Bicara printer, menurut Mona memilih printer yang ramah dengan keluarga itu penting. Maka dari itu, agar bisa memenuhi semua kebutuhan setiap anggota keluarga, HP menyediakan beragam varian printer yang benar-benar diperlukan oleh keluarga. Termasuk dalam rangka meningkatkan tumbuh kembang dan kreativitas buah hati.

"Tetapi dalam menerapkannya, perlu didampingi oleh orangtua," imbuh Mona.

Ia melanjutkan, jika anak sedang bete atau moody, Mona kerap mengajak bicara, jalan-jalan, atau melakukan kegiatan bersama-sama.

"Terkadang, jika anak-anak bete, biasanya ada yang bisa diajak langsung bicara ada pula yang harus didiamkan dulu. Tetapi kalau sudah reda bete-nya, baru kita masuk dan bicara supaya mereka happy," imbuh Mona.

Selain itu, Mona juga mengapresiasi event tersebut, karena bisa menjadi bekal pengetahuan untuk orangtua, lebih-lebih dalam memberikan waktu buat anak.

"Saya berharap orangtua yang hadir ke acara ini bisa mendapatkan bekal pengetahuan untuk mendidik anak dan bisa diterapkan di rumah," ungkap Mona.

Sebagai informasi, HP Inc menyelanggarakan HP Family Day dengan tema 'Creative Family Learning Through Print'. Mengajak 33 keluarga, acara itu menghadirkan talkshow bersama Psikolog Keluarga dan Anak, Ditha Rachman, selain Mona Ratuliu.

Selain talkshow, anak-anak juga diajak membuat kalender do it yourself dan bingkai pop-up bersama orangtua. Ini karena event tersebut ingin mengedukasi orangtua di Indonesia, tentang pentingnya pembelajaran cetak dan digital, sehingga bisa membekali anak dengan keterampilan dan kesiapan yang diperlukan untuk masa depan.

Indonesia Chief Operating Officer, HP Inc, Hendry Widjaja, mengatakan HP melihat pentingnya penggunaan bahan ajar cetak dan metode pembelajaran digital secara bersamaan, sehingga dapat meningkatkan kegiatan belajar anak.

"Dari hal itu kami menyelenggarakan acara Family Day, untuk memberikan contoh dan edukasi pentingnya memadukan metode pembelajaran elektronik dan cetak demi menghasilkan pendidikan yang optimal," tutur Hendry Widjaja.

Sementara itu, Psikolog Keluarga dan Anak, Ditha Rachman mengatakan studi menunjukkan 87% orangtua percaya bahwa kegiatan belajar merupakan waktu terbaik untuk mempererat ikatan orangtua dan anak. Sebab, hal tersebut mampu mengembangkan keterampilan interpersonal anak-anak.

"Orangtua memiliki peran penting dalam pembentukan pendidikan anak. Hal ini karena pola pikir mereka memiliki dampak yang besar kepada anak-anak," tutur Ditha Rachman.

Ia melanjutkan bahwa pentingnya peran orangtua dalam membentuk keterampilan anak, khususnya dengan menghabiskan waktu bersama untuk belajar di era digital.

"Para orangtua harus memanfaatkan teknologi untuk proses pendidikan dan pembelajaran anak-anak. Penggunaan materi pendidikan cetak saat belajar merupakan salah satu cara bagi orangtua untuk menjalin ikatan yang kuat. Serta mendorong kreativitas anak, sambil meningkatkan daya pikir dan juga pengetahuan," pungkas Ditha.

(kly/tmi)

Reporter:

Iwan Tantomi


REKOMENDASI
TRENDING