SELEBRITI

Ini 6 Lagu Memorable Daft Punk, Awalnya Diremehkan dan Berakhir Sebagai Legenda Ketika Putuskan Bubar

Rabu, 24 Februari 2021 07:40 Penulis: Jeffrey Winanda

(c) YouTube Daft Punk Official

Kapanlagi.com - Duo musisi dance elektronik legendaris Daft Punk, secara mengejutkan memutuskan untuk bubar. Lewat video berdurasi hampir 8 menit yang diunggah di kanal YouTube mereka, Daft Punk berpisah dengan visualisasi salah satu anggota mereka yang meledak di gurun pasir.

Kabar ini tentu menggegerkan penikmat musik terutama fans fanatik EDM. Grup pemenang Grammy yang telah malang melintang di dunia musik selama 28 tahun ini juga nggak mau membeberkan alasan bubarnya mereka.

Daft Punk yang beranggotakan Guy-Manuel de Homem-Christon dan Thomas Gangalter memulai karirnya sebagai grup indie rock. Bersama rekan mereka yang bernama Laurent Brancowitz, mereka membentuk band pada tahun 1992 bernama Darling dan merilis EP di tahun yang sama.

EP itu malah mendapat review buruk dari pengamat musik dan dilabeli sebagai “daft punky trash”. Atas hinaan itulah Guy-Manuel de Homem-Christon dan Thomas Gangalter balas dendam dan membentuk grup musik elektronik dengan nama Daft Punk. Buat recalling mahakarya mereka, ini deretan lagu legendaris dari Daft Punk.

1. Instant Crush (feat. Julian Casablancas)

Single ini terdapat dalam album RANDOM ACCESS MEMORIES yang dirilis pada tahun 2013. Tercatat, lagu ini masuk dalam jajaran 100 besar lagu terbaik 2013 versi majalah Rolling Stones. Menampilkan pentolan The Strokes untuk mengisi vokal, lagu ini tercipta saat Daft Punk sedang mengerjakan proyek musik untuk film TRON: Legacy.

2. Da Funk

Dirilis pada 1995, Da Funk adalah single instrumental yang menjadi hits di Perancis pada masa itu. Tak lama setelah dirilis, lagu ini kemudian dimasukkan dalam album mereka yang bertajuk HOMEWORK pada tahun 1997. Salah satu hal yang paling ikonik dari single ini adalah music video-nya yang menampilkan karakter manusia berwajah anjing sebagai karakter utama.

3. One More Time

Aroma French-house ala Daft Punk makin mengglobal berkat lagu ini. Dalam single yang terdapat dalam album DISCOVERY tersebut, eksperimen gila-gilaan dilakukan Daft Punk dengan mengombinasikan musik disco, RnB, dan garage house. Tambahan elemen vokal yang ikonik dari Romanthony membuat One More Time makin sempurna.

4. Harder, Better, Faster, Stronger

Original version dari lagu ini masih terdapat dalam album DISCOVERY yang dirilis pada 2001. 6 Tahun kemudian, live version dari lagu ini dilepas bersamaan dengan album ALIVE 2007. Dalam versi inilah lagu Harder, Better, Faster, Stronger mendapatkan berbagai penghargaan.

Lagu ini menyabet piala dalam Grammy Awards 2009 untuk kategori Best Dance Recording. NME pada tahun 2011 juga memasukkan lagu ini ke dalam daftar 150 Lagu Terbaik Dalam 15 Tahun Terakhir.

5. Digital Love

“Last night I had a dream about you, in this dream I’m dancing right beside you”
Potongan lirik dari Digital Love yang ini sering jadi momen sing along ketika Daft Punk bawain lagu ini sebagai encore. Walaupun dirilis pada tahun 2001, lagu ini masih sangat relevan buat didengarkan pada tahun 2021 baik dari segi lirik maupun komposisi musik. Nggak heran, banyak yang menganggap Daft Punk adalah musisi yang visioner karena mampu menciptakan sebuah lagu populer yang everlasting.

6. Get Lucky (feat Pharrell Williams & Nile Rodgers)

Untuk lagu yang satu ini, sudah pasti familiar di telinga banyak orang. Dirilis tahun 2013, Get Lucky adalah representasi lagu yang bisa nyambung di telinga semua orang. Get Lucky mampu meraih puluhan sertifikat platinum dari 17 negara. Selain itu, lagu ini memenagkan 2 kategori sekaligus dalam Grammy Awards 2014, yakni Record of the Year dan Best Pop Duo/Group Performance.

Daft Punk memang sudah resmi bubar, tapi karya mereka bakal selalu meramaikan playlist jutaan orang di dunia. Bahkan, bisa jadi baik Guy-Manuel de Homem-Christon maupun Thomas Gangalter akan tetap meramaikan panggung musik dunia dengan project baru dari mereka.

(kpl/jef)

Reporter: Jeffrey Winanda


REKOMENDASI
TRENDING