SELEBRITI

Jalani Rehabilitasi Di Rumah Sakit Rujukan Pasien Covid 19, Keluarga Tak Bisa Jenguk Keadaan Anji Secara Langsung

Senin, 28 Juni 2021 21:48

Kapanlagi

Kapanlagi.com - Erdian Aji Prihartanto atau lebih dikenal Anji, diketahui jalani proses rehabilitasi di RSKO Cibubur yang merupakan salah satu rujukan bagi pasien Covid 19. Karena hal tersebut tentunya banyak peraturan yang diterapkan untuk menekan jumlah penyebaran virus asal Wuhan, Cina ini.

Akan tetapi, dr. R. Soeko W Nindito D. Mars selaku Plt. Dirut RSKO Cibubur memberikan penjelasan terkait kebijakan tersebut. Ia mengatakan bahwa karena lonjakan kasus paparan akibat pandemi, yang bisa menjenguk musisi berusia 42 tahun itu hanya keluarga berdasarkan kartu keluarga saja dan itupun hanya secara virtual.

"Aturan kami memang boleh dikunjungi keluarga tapi yang ada di KKnya. Terkait Covid ini, keluarga hanya bisa komunikasi lewat video call," ungkap Soeko.

"Banyak cara untuk bisa berkomunikasi bisa lewat wa atau media sosial. Bukan apa-apa kita saling menjaga kesehatan masing masing aja. Lebih baik mencegah ketimbang kecewa, sedikit menahan diri aja," lanjutnya.

 

1. Jalani Rehabilitasi

Dalam kesempatan yang sama dokter Carlamia Halusikoey yang menangani Anji mengatakan ada beberapa prosedur sebelum si pasien menjalani rehabilitasi. Dari hasil pemeriksaan detoks kemungkinan, Anji akan jalani rehabilitasi selama tiga sampai enam bulan lamanya.

"Terkait kegiatan memang kami ada programnya, sebelum rehab masuk dalam proses detoksifikasi. Hasil detoks ini akan terlihat, pasien akan jalani program reguler atau spesial. Semua terkait kondisi medisnya, kalau memang ketergantungan berat masuk dalam program spesial, rata-rata ketika menurut hasil detoks, 3-6 bulan," ujar Carlamia.

2. Konseling & Hiburan

Selain itu juga, dokter Carlamia pun menceritakan apa saja yang dilakukan pasiennya selama jalani proses rehabilitasi. Seperti konseling dan hiburan Saturday night activity jadi salah satu treatment para pasien termasuk Anji.

"Banyak program khusus di dalam, setiap Minggu ada tes fisik dari spesialis, kemudian ada konseling, setiap pagi ada kegiatannya, dan kegiatan spiritual. Mempersiapkan dia kembali ke keluarga, setiap hari Sabtu malam Minggu ada saturday night activity, seperti menyanyi dan lainnya. Banyak hal yang bisa dilakukan, sebisa mungkin mereka menunjukan kreativitas supaya bisa terpakai setelah keluar," pungkasnya.


REKOMENDASI
TRENDING