SELEBRITI

Keinginan Terakhir Ustaz Arifin Ilham Sebelum Meninggal: Ingin Indonesia Damai

Kamis, 23 Mei 2019 13:10 Penulis: Tyssa Madelina

Ustaz Arifin Ilham meninggal dunia © KapanLagi.com/Bambang E Ros

Kapanlagi.com - Kepergian Ustaz Arifin Ilham meninggalkan duka yang mendalam bagi keluarga dan para sahabat. Salah satu orang terdekat Ustaz Arifin, Ustaz Derry Sulaiman menyampaikan beberapa pesan dan keinginan Almarhum sebelum tutup usia.

"Ya keinginan beliau banyak lah, ingin umat ini bersatu, ustaz yang bisa menyatukan, saya berharap dengan kepergian beliau ini menjadi asbab perdamaian bagi Indonesia," ujar Ustaz Derry Sulaiman, saat ditemui di Masjid Az Zikra, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Kamis (23/5).

Melihat perjuangan Ustaz Arifin selama berdakwah di Indonesia, Ustaz Derry mengaku salut. Pasalnya, di tengah panasnya musim politik, Ustaz Arifin justru bisa menyatukan dua kubu yang berbeda lewat ceramahnya yang adem.

"Beliau ulama yang dua capres datang menjenguk, semua orang datang, nggak punya musuh. Semua ormas, masyarakat di dalam Islam bersatu. Orang yang tidak memuji beliau pun diundang dikasihani disayangi cinta, itu kekuatan dzikir, hatinya penuh keindahan tidak ada kebencian," jelasnya.

1. Tidak Ingin Ribut

Lebih lanjut, Ustaz Derry juga menyampaikan cita-cita Ustaz Arifin yang lain. Menurutnya, Almarhum hanya ingin melihat negeri tercintanya damai dan tidak berselisih paham hanya karena masalah politik.

"Jadi cita-cita Ustaz Arifin tuh bagaimana di Az Zikra bersatu semua umat, kita bersatu dalam ukhuwah Islam. Itu cita-cita beliau. Bahkan dalam politik kemarin pun ingin semuanya bersatu, tidak ada yang berantem, tidak ada yang ribut, seperti yang terjadi hari ini. Subhanallah," lanjut Ustaz Derry.

2. Penyakit Ustaz Arifin Ilham

Sejak awal tahun 2019, Ustaz Arifin memang sudah dikabarkan menderita sakit kanker getah bening. Kala itu ia masih dirawat di Jakarta. Bahkan ia juga sempat diberitakan sudah sembuh dari penyakit tersebut. Lalu apa sebenarnya kanker getah bening? Apa saja gejala dari penyakit ini?

Melansir cnnindonesia.com, kanker getah bening juga dikenal sebagai kanker limfoma. Yaitu kanker dalam sistem limfatik yang menyebabkan pembesaran kelenjar getah bening. Padalah sistem limfatik ini adalah bagian penting dalam sistem imunitas tubuh manusia.


REKOMENDASI
TRENDING