Kemenangan Jokowi Jadi Inspirasi Pencapresan Rhoma Irama

Sabtu, 05 Januari 2013 14:31 Penulis: Darmadi Sasongko
Kemenangan Jokowi Jadi Inspirasi Pencapresan Rhoma Irama Rhoma Irama
Kapanlagi.com - Niat kuat pencalonan Rhoma Irama dalam pemilihan presiden 2014, juga didasari pertimbangan kesuksesan Joko Widodo (Jokowi) yang bisa menang di Pilgub DKI Jakarta. Padahal setahun sebelum Pilgub, tidak banyak orang yang mengenal Jokowi.

"Mungkin saja (kemenangan Jokowi menjadi pertimbangan)," ungkap Rhoma kepada merdeka.com di kediamannya, Jl. Pondok Jaya VI No 14, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

"Tapi memang isu Rhoma sebagai calon presiden sebetulnya sudah sejak 1982 ketika masih ada tiga partai, PPP (Partai Persatuan Pembangunan), PDI (Partai Demokrasi Indonesia), dan Golkar (Golongan Karya)," sambungnya.

Saat itu Rhoma Irama menjadi orang yang paling populer, jika dibantingkan dengan ketiga ketua umum ketiga partai tersebut. Namun sistem pemerintahan dan demokrasi di Indonesia saat itu tidak memberikan jalan kepadanya untuk maju sebagai Presiden.

 

"Rhoma adalah satu-satunya seniman berseberangan dengan pemerintah, yaitu Golkar. Sehingga saat itu popularitas Rhoma Irama mengalahkan ketua umum ketiga partai ini," ungkapnya.

"Sampai-sampai Ketua Umum PPP Idham Khalid berpidato di TVRI. Beliau mengatakan seandainya demorasi Indonesia seperti di Amerika, maka presiden Indonesia tentunya Rhoma Irama karena nama Rhoma saat itu paling dominan di antara tokoh-tokoh politik," tambahnya.

Rhomapun menegaskan keseriusannya mencalonkan diri dalam Pemilihan Umum 2014 mendatang. Dia siap bersaing dengan sejumlah nama, baik yang sudah terlebih dahulu muncul maupun yang kini masih malu-malu dengan pencalonannya.

Dia mengaku didorong oleh para ulama, habaib, dan perwakilan umat untuk maju sebagai calon presiden. Dia merasa terpanggil karena melihat situasi dan kondisi bangsa yang semakin jauh dari nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, musyawarah, dan keadilan sosial.

(kpl/dar)


REKOMENDASI
TRENDING