Keturunan Pahlawan, Alleta Molly dan 107 Tahun Meninggalnya Cut Meutia

Kamis, 19 Oktober 2017 16:40 Penulis: Ahmat Effendi
Keturunan Pahlawan, Alleta Molly dan 107 Tahun Meninggalnya Cut Meutia Alleta Molly ©KapanLagi.com/Budy Santoso

Kapanlagi.com - Lebih dari satu abad yang lalu, atau tepatnya 107 tahun lalu, Indonesia kehilangan salah satu pahlawannya. Cut Meutia gugur pada 22 Oktober setelah tiga peluru menghujam kepalanya. Penjajah tampaknya benar-benar terganggu oleh sepak terjang wanita ini.

22 Oktober 2017 nanti, cicit Cut Meutia yang juga seorang penyanyi, Aleta Molly berencana terbang ke tanah leluhurnya di Aceh untuk menggelar doa bersama dan mengenang kepergian Sang Pahlawan.

Di masa lalu, Cut Meutia lebih dulu ditinggalkan oleh Sang Suami, Teuku Chik Ditunong. Beliau juga merupakan pejuang yang ditakuti oleh Belanda. Saking gemetarnya, Belanda sampai menjuluki pasangan ini dengan sebutan Sepasang Rajawali. Teuku Chik Ditunong gugur dieksekusi oleh Belanda, namun Cut Meutia tak gentar, beliau melanjutkan perjuangan hingga akhir hayatnya.

Alleta Molly, bintang muda ini merupakan keturunan dari Cut Meutia. ©KapanLagi.com/Budy SantosoAlleta Molly, bintang muda ini merupakan keturunan dari Cut Meutia. ©KapanLagi.com/Budy Santoso

"Aku sampai nangis kalau mendengar cerita tentang Cut Meutia dengan perjuangannya membela negara. Dan aku bangga dengan menjadi salah satu keturunannya. Semangat dan perjuangan seorang Cut Meutia menjadi makna yang sangat penting bagi generasi muda saat ini," kata Aleta mengenang perjuangan. "Makanya tanggal 22 oktober ini aku dan keluarga besar akan berdoa bersama masyarakat di sana untuk mengenang 107 tahun Cut Meutiah," tambahnya.

Tanggal 22 nanti Aleta tak sendirian, ia bakal berangkat ke Tanah Aceh bersama rekan-rekan artis lainnya, yakni Erevano dan Ozy Syahputra. Rencananya, mereka bakal berangkat dari Jakarta pada Jumat (20/8). Berbagai kegiatan pun telah mereka siapkan, termasuk kenduri di Kota Lhokseumawe, silaturahmi keluarga dan menikmati kuliner setempat.

"Sehari sebelumnya saya dan Aleta Molly juga akan menikmati kuliner Aceh yang terkenal enak-enak dan akan berkunjung ke beberapa tempat wisata yang ada di situ," kata Revano. "Aku juga mau kulineran masakan aceh pastinya dan bersilaturahmi sama keluarga di sana," ujar Aleta saat dihubungi terpisah.

Cut Meutia memang dikenal sangat gigih dalam berjuang demi negara. Kepergian orang terdekat, bahkan suami tak mengendurkan semangat perjuangannya. Atas jasa besarnya, Pemerintah Republik Indonesia, mengabadikannya dalam pecahan uang kertas rupiah baru Republik Indonesia, pecahan Rp1.000.

(kpl/adb/sjw)

Reporter:

Adhib Mujaddid


REKOMENDASI
TRENDING