SELEBRITI

Kisah Unik Okemudin, Alumni The Voice Indonesia yang Kini Jadi Streamer Facebook Gaming Sukses

Selasa, 10 Mei 2022 07:30

Yohanes 'Okemudin' Williem / Credit Foto: Instagram.com - okemudin

Kapanlagi.com - Eks finalis The Voice Indonesia, Yohanes Williem atau yang akrab disapa Okemudin saat ini tengah fokus menekuni profesi sebagai seorang kreator Facebook Gaming. Jika kebanyakan streamer lebih memilih game-game mobile, Okemudin malah memilih ranah game konsol.

Namun siapa sangka jika kehadiran Okemudin di circle game konsol membuatnya populer hingga kini. Rupanya, ada beberapa hal menarik yang membuat dirinya jadi salah satu content creator populer di Facebook Gaming saat ini. salah satunya adalah sifatnya yang begitu realistis.

"Motivasi terbesar gua adalah uang," ujarnya sambil tertawa dalam interview bersama jalantikus.com beberapa waktu lalu.

Meski apa yang diungkapkannya itu adalah sebuah fakta. Namun, dia tak melupakan passion dan kecintaannya dalam main game. Karena kecintaannya pada dunia game itu, Okemudin bahkan bergabung dengan Facebook Gaming bersama Maingames Indonesia.

"Uang bisa dicari di manapun, tapi mencari uang tanpa passion itu berbeda. Proses yang dijalaninya berbeda," sambungnya.

1. Dual Profesi di Facebook Gaming

Saat ditanya antara lebih nyaman jadi player atau streamer, Okemudin
memilih keduanya. Menurutnya, Profesi player membuatnya terus tumbuh dan meningkatkan skill, sementara profesi streamer membuatnya berkembang menjadi konten kreator eligible. Hal itulah yang memberikannya nilai saat berkarier bersama Facebook Gaming.

"Gua bisa menjalani dua profesi di Facebook Gaming. Soalnya, Facebook Gaming jadi tempat berekspresi apapun yang kamu mau. Kamu bisa truangkan kreativitas dan bentuk komunitas," jelasnya.

2. Cara Okemudin Maintain Audience

Bicara tentang streaming, Okemudin mengaku jika live yang dilakukannya tak selalu ramai. Namun menurutnya, yang paling utama dalam melakukan streaming adalah konsistensi.

"Live itu marathon. Ini jalan yang panjang. Ini bukannya berjalan terus kamu capek. Tapi ini tentang terus berjalan meskipun kamu capek. Udah enggak ada tenaga tapi harus terus berjalan," jelas Okemudin.

3. Pesan untuk Para Streamer Pemula

Menjadi seorang streamer saat ini memang cukup menggugah hati para gamer. Siapa sih yang nggak mau ngegame sambil dibayar? Namun tentu saja untuk sampai ke titik itu bukanlah perkara mudah.

Okemudin pun punya saran buat para streamer pemula yang patah semangat karena penonton yang sedikit. Menurutnya, Facebook Gaming itu punya ratusan varian genre yang bisa dipergunakan sebagai percobaan strategi atau pencarian niche game.

"Banyak ujian dan kegagalan bagi kamu yang mau terjun di dunia ini," ujarnya.

Okemudin juga menyarankan para pemula untuk ikut kelas-kelas gratis. Salah satunya seperti program MainGames Academy dari MainGames Indonesia, creator service provider dan partner resmi dari Facebook Gaming. Di Maingames Academy, kalian bisa belajar dan tonton video edukasi tentang live streaming secara GRATIS dengan mengunjungi website academy.maingames.com.

(kpl/gtr)


REKOMENDASI
TRENDING