SELEBRITI

Konten Prank Tuai Pengaduan dari Masyarakat, Baim Wong & Paula Verhoeven Terancam Hukuman Penjara

Jum'at, 07 Oktober 2022 06:26

Kapanlagi/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Konten prank buatan Baim Wong soal KDRT menuai kecaman dari banyak pihak. Kepolisian juga menganggap aksi Baim Wong dan Paula bisa dikategorikan sebagai perbuatan pidana. Keduanya pun terancam dibawa ke jalur hukum.

Humas Polres Jakarta Selatan, AKP Nurma Dewi di Polres Jakarta Selatan, Kamis (6/10/2022) menyebut jika prank KDRT yang dilakukan oleh Baim ini sudah mendapatkan 2 pengaduan dari masyarakat.

"Untuk perkembangan kasus yang dilakukan oleh saudara kita BW dan Saudari P di Polsek Kebayoran Lama sudah dua pengaduan yang kita terima dari masyarakat mengenai yang dilakukan," ujarnya.

1. Kumpulkan Saksi

AKP Nurma Dewi juga menyebut bahwa pihak kepolisian sudah mengumpulkan saksi dan juga barang bukti. Pada kesempatan yang sama, AKP Nurma Dewi juga menghimbau kepada masyarakat agar hati-hati dalam menggunakan social media.

"Untuk barbuk Kita sudah kumpulkan untuk saksi saksi juga sudah kita periksa kemudian rekan-rekan semua kita mempunyai imbauan agar masyarakat lebih hati-hati dalam menggunakan media sosial, apabila melakukan aktivitas di media sosial ada pihak yang dirugikan, pasti itu masuk dalam ranah pidana. Mari kita tegas menggunakan media, tegas artinya kita bisa memilah memilih apa yang bisa kita perbuat di media sosial," tambahnya.

2. Tak Bisa Jadi Alasan

Nurma menerangkan, dalih prank tidak bisa jadi alasan untuk lolos dari jerat hukum. Nurma kembali menegaskan, konten prank Baim Wong dan Paula Verhoeven soal KDRT masuk perbuatan pidana .

"Dia telah melakukan pemalsuan laporan. Itu kan bohong. Walaupun bilangnya prank. Kan kaga bisa main main apalagi kejadiannya bohong," ujar dia.

3. Terancam 4 Bulan Penjara

Adapun bunyi Pasal 220 KUHP: "Barang siapa memberitahukan atau mengadukan bahwa telah dilakukan suatu perbuatan pidana, padahal mengetahui bahwa itu tidak dilakukan diancam dengan pidana penjara paling lama satu tahun empat bulan."

Mengacu pada isi pasal tersebut, Baim dan Paula terancam empat bulan penjara atas konten pranknya dengan judul 'Baim KDRT, Paula Jalani Visum. Nonton sebelum di-Takedown'.

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake
REKOMENDASI
TRENDING